Menu

Bisa Karena Keracunan hingga Alergi Makanan, Ini Lho Cara Atasi Diare pada Orang Dewasa

03 Mei 2024 13:35 WIB
Bisa Karena Keracunan hingga Alergi Makanan, Ini Lho Cara Atasi Diare pada Orang Dewasa

Ilustrasi wanita yang sedang sakit perut. (Honestdocs/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 23 April 2024, seseorang bisa dikatakan mengalami diare jika sudah buang air lebih dari 3 hari dalam sehari dengan konsistensi feses lebih banyak air daripada air.

Nah, untuk penyebabnya sendiri bisa berbagai macam, mulai dari infeksi saluran cerna akibat virus, bakteri hingga parasit. Selain itu, diare pun bisa disebabkan oleh keracunan makanan, alergi makanan hingga intoleransi laktosa.

"Diare pada umumnya bisa ditangani secara mandiri terlebih dahulu, diare penanganan yang paling utama ialah cairan karena saat diare cairan banyak hilang jika tidak diatasi kekurangan cairan bisa jatuh ke keadaan syok lebih berat," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Kamis (2/5/2024).

Berkaitan dengan itu, hal pertama yang harus kamu lakukan jika alami diare adalah konsumsi cairan lebih banyak, apalagi air putih, makanan berkuah, seperti kaldu, dan pastinya oralit.

Sementara untuk obatnya, kamu bisa konsumsi obat antidiare seperti attapulgite yang bisa ditemukan di apotik.

Baca Juga: Gangguan Pencernaan Gak Cuma Diare, Ada Apa Saja Sih Masalah Pencernaan pada Anak yang Wajib Orangtua Waspadai?

Baca Juga: Sudah Tahu Belum Moms? Ini 3 Makanan Ampuh Atasi Diare pada Anak, Dijamin Si Kecil Suka, Cuss Kepoin!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.