Menu

Tips Merawat Payudara Selama Masa Kehamilan, Moms Harus Tahu agar Si Kecil Dapat ASI Berkualitas

03 Mei 2024 20:00 WIB
Tips Merawat Payudara Selama Masa Kehamilan, Moms Harus Tahu agar Si Kecil Dapat ASI Berkualitas

Ilustrasi ibu menyusui. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, sebelum anak memasuki usia 6 bulan, nutrisinya akan didapatkan dari Air Susu Ibu atau ASI eksklusif. Maka dari itu, wajib untuk Moms merawat payudara saat hamil agar anak mendapatkan ASI yang kualitasnya baik.

Mengutip dari buku 365 Tip for Women, inilah beberapa cara merawat payudara selama kehamilan:

  • Bersihkan payudara dan puting dengan air, lalu keringkan dengan handuk bersih, lakukan rutin setiap hari.
  • Konsultasikan dengan dokter untuk perawatan lain jika kamu merasa ganjil dengan payudara.
  • Moms harus tahu jika menjelang kelahiran berat payudara akan mencapai 1,5 kali lebih besar dibandingkan dengan sebelum hamil.
  • Siapkan air hangat, baby oil, handuk bersih, dan kapas. Bersihkan payudara dengan air hangat, lalu pijat dengan baby oil. Gunakan kedua tangan untuk memijat, urut sekeliling payudara searah jarum jam dan kemudian berlawanan jarum jam, urut bagian bawah puting, selesai dipijat, ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari.
  • Lakukan gerakan senam dengan tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, begitu pula sebaliknya dengan tangan kiri. Tekan kuat ke arah dada dengan cara mempererat peregangan, hingga terasa tarikannya pada otot payudara. Lemaskan kembali. Lakukan berulang hingga 30 kali.
  • Payudara akan semakin membesar, maka kamu perlu ganti bra, pastikan ukurannya sesuai dengan payudara kamu agar pas dan jadi nyaman.
  • Itu karena bra yang tak sesuai ukuran akan menyebabkan infeksi seperti mastitis.
  • Selain beli ukuran bra yang pas, kamu juga harus beli bra khusus menyusui.
  • Puting yang berwarna gelap merupakan salah satu tanda hormon bekerja baik selama kehamilan. Jadi pastikan kamu merawat puting dengan cara memutar lembut di antara telunjuk dan ibu jari sekitar 10 detik saat mandi.
  • Saat akhir kehamilan, Moms bisa pijat lembut payudara di daerah yang gelap (areola) dan puting susu, kamu bisa lihat beberapa tetes kolostrum, yaitu cairan kental berwarna kuning dari puting payudara, hal itu akan bantu buka saluran ASI.

Itulah tips merawat payudara selama hamil.

Baca Juga: 4 Hal yang Menyebabkan Payudara Beauty Besar Sebelah, Jangan Dibawa Panik Ya!

Baca Juga: New Moms Merapat! Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Puting Lecet dan Luka Saat Menyusui, Penting Banget untuk Melatih Si Kecil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan