Sejak lama, bayi yang baru lahir akan langsung dibawa untuk dibersihkan, ditimbang, dan diukur panjang badannya. Setelah itu, baru bayi akan diberikan pada ibunya lagi untuk disusui.

Pada bayi yang lahir prematur justru lebih parah, bayi tersebut biasanya tak diperkenankan dekat dengan ibunya dan dirawat secara intensif dalam inkubator.

Padahal, sentuhan antara kulit ibu dan bayi sangat penting terutama setelah bayi lahir. Saat ini, bayi yang baru lahir biasanya akan bersentuhan kulit dengan ibunya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Hal ini karena sentuhan kulit ibu dan anak memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi. 

Apa saja manfaatnya? Ini dia beberapa manfaat ketika bayi menyentuh kulit sang ibu, seperti dilansir dari berbagai sumber, (10/02/2021)

Membuat napas bayi stabil

Saat lahir, bayi dikeluarkan dari 'kantung pelindung' mereka yang ada dalam rahim. Hal ini bisa jadi sangat tak disukai oleh bayi dan mereka bisa merasa tak aman.

Namun ketika bayi mendapatkan sentuhan dan pelukan ibu, bayi akan merasa aman dan ini membuat napas mereka lebih stabil. Biasanya ini juga membuat detak jantung mereka menjadi teratur.

Baca Juga: Moms, Sering Mengelus Bayi Ternyata Punya Banyak Manfaat Lho! Sudah Tahu Belum?