Hingga saat ini, kasus bullying masih sering terjadi pada anak-anak. Bullying adalah hal yang sebisa mungkin jangan sampai terjadi pada anak karena efeknya bisa merusak dalam jangka panjang.

Sebagai orang tua, Moms pasti khawatir bila terjadi bullying pada si kecil. Hal ini sangat wajar, mengingat  efek bullying bisa membekas lebih lama, bahkan bertahun-tahun, pada mental dan fisik si korban bullying.

Dilansir dari berbagai sumber, (10/03/2021) penelitian menemukan bahwa bullying menyebabkan dampak yang buruk pada kesehatan anak. Bullying juga dikaitkan dengan kesehatan mental dan fisik yang terus menurun. Anak akan lebih rentan mengalami depresi dan rasa percaya diri yang rendah.

Penelitian juga mengungkap bahwa kemampuan otak anak yang terkena bullying dalam waktu dekat lebih buruk dibandingkan anak yang menjadi korban bullying di masa lalu. Sementara anak yang sudah lama menjadi korban bullying, misalkan lebih dari setahun, mengalami efek yang lebih buruk, seperti dilansir dari Live Science (10/03/2021)

Efek bullying seperti bola salju yang menggelinding. Semakin lama dialami, maka akan semakin besar pula efek yang ditimbulkan. 

Bullying menyisakan 'luka' pada mental anak, meski tindakan tersebut terjadi di masa lalu. Begitu juga dengan tindakan bullying yang dilakukan berkali-kali.

Baca Juga: Klarifikasi Pria Pelaku Pelecehan Seksual Bukan Selebriti, Kwon Mina: Bagiku, Satu-satunya Pelaku Kejahatan adalah Jimin!