Menonton TV untuk menghabiskan waktu seringkali dilakukan anak-anak setiap hari. Moms, kebiasaan ini nggak boleh dibiarkan begitu saja, karena peneliti mengungkap efek buruk dari terlalu lama menonton televisi pada anak.

Dilansir dari berbagai sumber, (10/03/2021) peneliti mengungkap bahwa menonton TV lebih dari tiga jam akan membuat kemampuan sosialisasi anak tidak berkembang. Selain itu, mereka cenderung akan lebih lemah secara fisik sehingga mengakibatkan mereka rentan terkena tindak bullying oleh teman-temannya.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 1.997 anak laki-laki dan perempuan berusia 29 bulan yang diketahui memiliki kebiasaan menonton televisi dalam waktu lama. Mereka menemukan bahwa menonton televisi bisa mencederai perkembangan anak dalam hal sosial dan fisik.

Menonton televisi juga bisa menurunkan kemampuan berbahasa dan matematika anak, serta kemampuan fisik mereka. Tak hanya itu, anak yang terlalu banyak menonton televisi juga memiliki konsentrasi yang rendah dalam kelas.

Peneliti juga menemukan bahwa menonton televisi selama dua jam dan 52 menit tidak memberikan dampak negatif yang besar pada anak.

Ada baiknya orang tua untuk selalu mengawasi anak mereka dan membatasi waktu untuk menonton televisi. Hal ini tak hanya berlaku ketika orang tua di rumah, melainkan juga ketika mereka menitipkan anak mereka ke tempat penitipan anak.