Menu

Udara Makin Lembap, Ini 3 Bahan Alami yang Ampuh Usir Nyamuk, Moms Wajib Catat!

07 Mei 2024 11:15 WIB
Udara Makin Lembap, Ini 3 Bahan Alami yang Ampuh Usir Nyamuk, Moms Wajib Catat!

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Jujur saja, pastinya menurut kamu nyamuk adalah serangga yang paling menyebalkan bukan? Apalagi, kita hidup di kawasan tropis dan pastinya hewan pemakan darah ini sudah seringkali ditemukan.

Gak cuma mengganggu dan makan darah, nyamuk juga bisa menjadi ancaman yang berbahaya untuk kesehatan tubuh lho Moms. Contoh beberapa penyakit yang umumnya ditularkan oleh Nyamuk adalah Demam Berdarah dan Malaria

Tak sering pula banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mengusir serangga satu ini agar tak menjadi penyebab penyakit. 

Umumnya, cara yang dilakukan adalah menggunakan obat pengusir serangga pabrikan, mulai dari obat oles berbentuk salep, obat nyamuk bakar maupun semprot. Namun, ternyata ada beberapa bahan alami umum ditemui di sekitar kita dan memiliki khasiat untuk menghalau atau mengusir nyamuk. 

Berikut 3 bahan alami yang diketahui ampuh mengusir nyamuk dilansir dari laman sindikasi konten suara.com, simak yuk Moms!

1. Bunga Lavender

Bunga lavender meruapakan salah satu jenis bunga hias yang sejak lama ampuh digunakan sebagai obat nyamuk alami. Melansir dari artikel berjudul “Natural Ingredients That Repel Mosquitoes,” bunga yang sejatinya memiliki aroma cukup harum dan nyaman ketika dihirup ini ternyata tak disukai nyamuk meskipun disukai oleh manusia. Aroma bunga lavender sejatinya cukup untuk membuat nyamuk pergi dari area yang terdapat bunga tersebut.

Selain itu, bunga lavender juga bisa digunakan sebagai serum atau cairan pengusir nyamuk alami Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menghancurkan beberapa tangkai bunga lavender lalu mencampurkannya dengan air lalu menyemprotkannya ke sudut ruangan.

2. Minyak Cengkeh

Aroma cengkeh ternyata juga tak terlalu disukai oleh nyamuk. Hal inilah yang membuat minyak cengkeh bisa digunakan sebagai obat nyamuk atau pengusir nyamuk alami. Melansir dari artikel berjudul “Natural Mosquito Repellents”, minyak cengkeh cukup efektif menghalau nyamuk dalam kurun waktu 4-5 jam saat digunakan.

Caranya adalah dengan mencampurkan 2-3 tetes mintak cengkeh ke dalam air sebanyak 150 ml. Lalu, kamu bisa semportkan atau oleskan larutan tersebut ke badanmu atau beberapa sudut ruangan yang sering dihinggapi nyamuk.

Baca Juga: Lemak Auto Hancur! Ini Resep Obat Diet dari Bahan Alami yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Mudah dan Murah Banget!

Baca Juga: Panu Minggat! Ini 3 Bahan Alami yang Bisa Bikin Kulit Makin Mulus, Beauty Wajib Catat Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan