Menu

Bukan Pakai Cotton Bud Moms! Ini 3 Cara Benar dan Mudah Bersihkan Telinga Anti Infeksi, Kamu Sudah Tahu?

07 Mei 2024 13:35 WIB
Bukan Pakai Cotton Bud Moms! Ini 3 Cara Benar dan Mudah Bersihkan Telinga Anti Infeksi, Kamu Sudah Tahu?

Ilustrasi membersihkan telinga atau korek kuping dengan cotton buds. (Freepik/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tanpa disadari, membersihkan lubang telinga adalah aktivitas yang wajib dilakukan secara rutin meskipun terdengar sangat sepele.

Pasanyal, jika kamu membersihkan lubang telinga dengan benar, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari risiko penyakit lho!

Salah satu penyakit yang mungkin menghampiri apabila kamu tak rutin membersihkan saluran telingamu adalah infeksi bakteri. Biasanya, infeksi ini terjadi karena kotoran telinga yang mengendap terlalu lama.

Umumnya, orang-orang akan membersihkan saluran telinganya menggunakan kapas pembersih atau yang dikenal dengan nama cotton buds. Meskipun cara ini umum dilakukan, akan tetapi sebenarnya cara ini tak disarankan dilakukan karena berisiko membuat telinga luka ataupun justru kian menumpukkan kotoran di dalam telinga. 

Berikut ini 3 cara yang benar dalam membersihkan saluran atau lubang telinga dilansir dari laman sindikasi konten suara.com. Simak yuk Moms!

1. Gunakan Air Hangat

Salah satu cara sederhana dalam membersihka telinga adalah dengan menggunakan air hangat. Melansir dari artikel berjudul “How to Safely Clean Your Ears (and What to Absolutely Not Do)”, kamu bisa menggunakan kassa steril atau cotton buds yang telah dibasahi dengan air hangat.

Namun, cara ini hanya boleh digunakan untuk membersihkan kotoran telinga yang menempel pada sekitar daun telinga ataupun saluran luar. Tak disarankan melakukan pembersihan dengan cotton buds untuk saluran telinga dalam.

2. Gunakan Obat Tetes Pembersih Telinga

Membersihkan dengan obat tetes pembersih telinga tentunya cukup disarankan apabila kamu ingin membersihkan telingamu dengan senyawa yang lebih steril. Melansir dari artikel berjudul “How to Clean Your Ears?” penggunaan obat tetes telinga cukup disarankan karena dapat mengencerkan kotoran yang berada di sekitar saluran dalam dan membantunya keluar dengan sendirinya. Namun, sebelum kamu menggunakan obat tetes telinga, disarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter guna memastikan obat tetes yang cocok untukmu.

Baca Juga: Bisa Membahayakan, Ini Lho 4 Dampak Buruk Menggunakan Cotton Bud untuk Membersihkan Telinga

Baca Juga: Clean Freak Parah! Ini 3 Zodiak yang Gak Suka Kotor, Hidupnya Bersih dan Wangi Banget! Ada Kamu Gak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan