Menu

Cara Mengatasi Kondisi Hipotensi, Keadaan Tekanan Darah Rendah pada Moms Hamil

07 Mei 2024 18:40 WIB
Cara Mengatasi Kondisi Hipotensi, Keadaan Tekanan Darah Rendah pada Moms Hamil

Ilustrasi kurang darah saat hamil (Freepik.com/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu sedang hamil? Usut punya usut nih Moms, ternyata hipotensi atau tekanan darah rendah saat hamil itu wajar terjadi, lho karena faktor hormonal.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 2 Mei 2024, hipotensi bukan hanya disebabkan hormonal tapi ada beberapa hal lain yang bisa memicu.

"kondisi ini mungkin juga diperparah oleh berbagai faktor lain, seperti hipotensi ortostatik, stres psikis, konsumsi makanan atau obat tertentu, aktivitas fisik, kekurangan nutrisi, alergi atau infeksi berat, gangguan hormon, gangguan jantung, dehidrasi, dan sebagainya," tutur dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (7/2/2024).

Sementara itu, untuk mengatasinya itu akan ditentukan oleh penyebab dan keparahan hipotensi yang dialami Moms hamil.

Meski begitu, jika Moms ingin tekanan darah yang rendah terus meningkat agar mencapai angka normal, kamu bisa konsumsi makanan tinggi garam, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin C.

"Contohnya daging, ikan-ikanan, telur, unggas, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sebagainya. Variasi buah-buahan (misalnya buah jeruk, jambu, buah naga) dan bahan pangan lain bisa juga Anda konsumsi asalkan kandungan nutrisinya seimbang," saran dr. Nadia.

Baca Juga: Penderita Hipotensi Merapat, 5 Makanan Ini Ampuh Meningkatkan Tekanan Darah Rendah, Dijamin Kepala Gak Pusing Lagi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan