Perubahan fisik pasca melahirkan adalah hal yang wajar terjadi. Oleh karena itu, Moms gak perlu minder memikirkannya ya! Agar Moms gak kaget berikut perubahan fisik yang biasa dialami ibu pasca melahirkan.

Perubahan fisik pasca melahirkan kadang membuat sebagian ibu kaget, apa lagi bagi para ibu yang baru pertama kali melahirkan. Pikiran negatif pun kadang datang menghampiri, gak jarang muncul rasa khawatir dan minder ketika melihat perubahan fisik yang terjadi pada tubuhnya.

Ibu pasca melahirkan akan banyak mengalami perubahan di dalam dirinya, baik secara fisik maupun mental. Jadi Moms gak perlu khawatir atau minder dengan perubahan fisik yang terjadi.

Perubahan fisik yang terjadi bisa dikembalikan normal kok seperti sebelum melahirkan. Tetapi ada beberapa perubahan yang hanya bisa disamarkan gak bisa benar-benar kembali normal ketika belum melahirkan.

Hal ini memang wajar dan pasti terjadi pada setiap ibu. Jika Moms masih terus dihantui rasa khawatir, hilang percaya diri, dan pikiran negatif lainnya, Moms bisa komunikasikannya dengan suami. Peran suami sangat penting pasca melahirkan bagi seorang istri. Hal ini bisa membuat istri menjadi lebih percaya diri dan kuat secara mental maupun fisik.

Menurut dr. Ivan M Sondakh, SP. OG sebagai Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Klinik Health360 Indonesia (10/03/2021), berikut perubahan fisik yang biasanya dialami ibu pasca melahirkan.

Baca Juga: Ingin Perut Kembali Rata Pasca Melahirkan? Lakukan 5 Hal Ini Yuk Moms!