Menu

Gak Boleh Sembarangan, Ini Jadwal Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes

07 Mei 2024 20:05 WIB
Gak Boleh Sembarangan, Ini Jadwal Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi Diabetes (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu atau keluargamu menderita penyakit diabetes mellitus? Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 7 Mei 2024, diabetes sendiri merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi tersebut bisa terjadi karena fungsi insulin yang seharusnya bantu tubuh untuk kontrol kadar gula dalam darah justru terganggu.

"Dimana penyakit diabetes penangannya tidak hanya dengan konsumsi obat atau suntik insulin namun harus dibarengi dengan pola makan yang tepat yaitu tepat jadwal, tepat jumlah dan tepat jenis makanannya," tutur dr. Riza saat menjelaskan cara mengatasi diabetes mellitus.

Berkaitan dengan itu, karena diabetes harus menerapkan pola makan yang sehat dan tepat, maka dari itu penderita diabetes wajib tahu jadwal makan yang tepat dan teratur untuk jaga waktu makan sesuai jam yang ditentukan.

"Tujuannya untuk si penderita mematuhi waktu makan secara teratur sehingga dapat mengurangi beban kerja tubuh agar tidak terlalu berat dalam mencerna atau menyerap zat gizi," tutur dr. Riza Marlina.

Untuk jadwal makan yang tepat, yaitu 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan atau snack dengan porsi kecil. Sementara untuk porsinya, lebih lain lakukan konsultasi denganĀ  dokter atau maksimum yang masuk ke dalam tubuh 1500 kkal setiap harinya.

Baca Juga: Cocok untuk Diabetesi, Ini Lho 3 Rekomendasi Rice Cooker yang Bisa Bikin Kadar Karbo dan Gula dalam Nasi Jadi Rendah

Baca Juga: Konon Katanya Jahe Bisa Bantu Atasi Diabetes, Beneran Gak Sih? Beauty Kepoin Yuk Faktanya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan