Menu

2 Perawatan yang Tepat untuk Penderita Penyakit Lupus, Bukan Cuma Pemberian Obat

07 Mei 2024 22:20 WIB
2 Perawatan yang Tepat untuk Penderita Penyakit Lupus, Bukan Cuma Pemberian Obat

Ilustrasi Penyakit Lupus (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Konsultan Alergi dan Imunologi Eka Hospital Bekasi, dr. Anshari Saifuddin Hasibuan, Sp.PD, KAI, menjelaskan terkait penyakit lupus. Usut punya usut, lupus sendiri termasuk bagian autoimun yang berpengaruh terhadap beberapa bagian tubuh, mulai dari pembuluh darah, jantung, paru, ginjal, otak, kulit, hingga persendian.

Bukan itu saja, sang dokter pun menyebutkan jika lupus merupakan penyakit kronis yang hingga saat ini obatnya masih belum ditemukan.

Tapi Beauty yang menderita lupus gak usah khawatir. Memang lupus ini tak bisa sembuh total, tapi tenang saja ada prosedur medis yang bisa kendalikan gejalanya sehingga penderita lupus kualitas hidupnya makin meningkat.

Biasanya prosedur medis yang dilakukan oleh lupus ini bertujuan agar lupus ada pada tahap remisi, yaitu saat gejala tak muncul dalam waktu lama.

Pengobatan pasien lupus

Jika Beuaty menderita lupus dan berniat untuk menjalankan pengobatan, hal itu sangat tepat karena pengobatan bisa meminimalisir kerusakan organ dan meredakan gejalanya hingga kualitas pasien bisa meningkat.

Sementara itu, menurut dr. Anshari, nantinya pasien akan mendapatkan dua perawatan dari dokter dengan detail seperti berikut ini:

1. Mengatur pola hidup yang sehat. Makan makanan yang bergizi sehat seimbang. Olahraga rutin sesuai dengan kemampuan penyintas lupus, istirahat yang cukup.

Baca Juga: Termasuk Penyakit Autoimun, Bisakah Lupus Disembuhkan? Simak Penjelasan dari Dokter Yuk!

Baca Juga: Termasuk Penyakit Autoimun, Yuk Kenali Gejala Lupus yang Bisa Serang Seluruh Tubuh, Waspada ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan