Menu

Si Kecil Alergi Susu Kecil Moms? Simak Yuk Cara Mencegahnya

08 Mei 2024 18:00 WIB
Si Kecil Alergi Susu Kecil Moms? Simak Yuk Cara Mencegahnya

Ilustrasi ibu menyusui. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, ada beberapa bayi yang lahir dengan alergi susu sapi, lho. Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 7 Mei 2024, alergi susu sapi merupakan jenis alergi makanan yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh bayi bereaksi terhadap protein dari susu sapi tersebut.

"Tubuh menganggap protein pada susu sapi tersebut hal bahaya sehingga menimbulkan reaksi alergi seperti gangguan pencernaan, gatal dan ruam kulit dan lainnya," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Rabu (8/5/2024).

Usut punya usut, alergi susu sapi tersebut bisa dicegah, lho. Rupanya cara terbaik untuk cegah bayi alergi susu sapi, yaitu dengan memberikan ASI selama 6 bulan pertama kehidupannya. Itu karena ASI merupakan makanan sekaligus minuman terbaik untuk bayi.

"Namun memang ada beberapa ibu yang tidak bisa memberikan ASI dengan alasan tertentu salah satunya karena produksi ASI yang sedikit dan lainnya, maka untuk mengatasi hal ini maka ibu bisa memberikan susu formula namun tidak semua bayi cocok konsumsi susu sapi," jelas dr. Riza.

Nah, jika si kecil tak cocok dengan susu sapi, bisa berikan susu soya sebagai penggantinya.

Baca Juga: Dokter Spesialis Anak Ungkap Perbedaan Intoleransi Laktosa dan Alergi Susu Sapi yang Sering Dikira Sama

Baca Juga: Alergi Susu Sapi Bisa Ancam Tumbuh Kembang Optimal Si Kecil, Ini Protein yang Bisa Jadi Nutrisi Penggantinya Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan