Menu

Bisa karena Psikologis dan Biologis, Intip Yuk Apa Saja Penyebab Lemah Syahwat

11 Mei 2024 16:30 WIB
Bisa karena Psikologis dan Biologis, Intip Yuk Apa Saja Penyebab Lemah Syahwat

Illustrasi Ejakulasi Dini pada Pria (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah PakSu memiliki masalah lemah syahwat atau ejakulasi dini? Menurut dr. Tirtawati Wijaya, SE di laman Alodokter pada 10 Mei 2024, ternyata ejakulasi dini ini merupakan masalah seks yang paling terjadi.

Bahkan, 1 sampai 3 orang lelaki pernah mengalaminya, Moms.

"Seseorang disebut mengalami lemah syahwat bila hampir selalu ejakulasi dalam waktu kurang dari 3 menit setelah penetrasi. Tidak mampu menunda ejakulasi saat berhubungan seks.Merasa frustasi, cemas, dan cenderung menghindari hubungan intim karena keluhan ini," tutur dr. Tirtawati dikutip Herstory, Sabtu (11/5/2024).

Meski menurut dr. Tirtawati, baik lemah syahwat dan ejakulasi dini itu kondisi yang sama, tapi banyak pria yang merasa jika lemah syahwat itu belum memenuhi kriteria diagnosis ejakulasi dini.

"Dengan kata lain, hanya perasaan saja. Kondisi ini dapat diatasi baik dengan obat, konseling, dan teknik berhubungan seks untuk menunda terjadinya ejakulasi," tutur dr. Tirtawati.

Tapi gak usah khawatir, Moms karena lemah syahwat bisa diatasi. Meski begitu, caranya harus disesuaikan dengan penyebabnya, yaitu karena psikologis dan biologis.

Penyebab psikologis / kejiwaan, antara lain:

  1. Terlalu bersemangat berhubungan seks dengan orang yang dicintai, belum pernah berhubungan seks dengan orang lain sebelumnya.
  2. Pengalaman seks sebelumnya yang tidak menyenangkan.
  3. Pernah mengalami pelecehan seksual
  4. Depresi, stress emosional
  5. Rasa bersalah, cemas, tidak percaya diri.
  6. Masalah dalam relasi dengan pasangan

Baca Juga: Gak Bikin Cepat Ejakulasi, Ini 6 Posisi Seks yang Endul untuk Pria, Cuss Moms Langsung Praktik!

Baca Juga: Banyak Hal yang Bikin PakSu Ejakulasi Dini, Moms Harus Kasih Tahu Nih Tips Mengatasinya, Bercinta Auto Lancar Lagi!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.