Menu

Film Vina: Sebelum 7 Hari Penuh Kontroversi Gegara Tayangkan Adegan Pemerkosaan Hingga Pembunuhan Sadis, di Mana Sih Link Nontonnya?

12 Mei 2024 14:40 WIB
Film Vina: Sebelum 7 Hari Penuh Kontroversi Gegara Tayangkan Adegan Pemerkosaan Hingga Pembunuhan Sadis, di Mana Sih Link Nontonnya?

Film Vina: Sebelum 7 Hari (XXI/edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini dunia film horor Indonesia semakin menjadi perhatian netter. Terlebih, terbaru ada film horor yang diangkat dari kisah nyata namun berujung menuai kontroversi publik yakni film Vina: Sebelum 7 Hari.

Rupanya, banyak netter yang marah karena serangkaian adegan yang tak etis ditayangkan dari mulai pemerkosaan hingga adegan kekerasan perempuan yang bisa memicu trauma.

Film Vina: Sebelum 7 Hari sedang tayang saat ini. Film ini berlatar tentang kisah nyata tragis Vina, remaja belia berusia 16 tahun asal Cirebon yang ditemukan tewas korban pembantaian geng motor. 

Peristiwa yang terjadi pada 2016 silam ini diangkat ke layar lebar, setelah viral momen sahabat Vina mengalami kesurupan hanya selang beberapa hari jenazah perempuan kelahiran 2000 itu meninggal dunia. 

Disebutkan jika arwah Vina yang belum tenang merasuki tubuh temannya hingga menceritakan kronologi lengkap yang dialami gadis tersebut, termasuk pemerkosaan hingga tindak kekerasan yang dialaminya sebelum akhirnya meregang nyawa. 

Rekaman peristiwa kerasukan itu viral di media sosial, hingga akhirnya membuat PH (rumah produksi) berencana mengangkatnya ke layar lebar sebagai film horor. Bahkan, rekaman kesurupan tersebut dimasukan ke dalam film dan disematkan saat credit title ditayangkan. 

Namun setelah tayang, film ini menuai kritik keras. Bahkan mereka yang sudah menonton blak-blakan mengaku tak nyaman dengan berbagai adegan yang seharusnya tak ditayangkan, dari pemerkosaan hingga tindak kekerasan yang dialami pemeran Vina, yakni Nayla Purnama. 

"Adegan seks biasa yang konsensual kena keplak dan hujat banyak tapi yang KS (kekerasan seksual) kayak gini, sampai rekaman beneran bisa lolos. Ancur banget standar gandanya," tulis @Dilgone. 

"Pas diperkosanya itu loh kenapa nggak sensor," kata @Ziaaa. 

Kritik keras juga datang dari Kalis Mardiasih, penulis opini sekaligus aktivis muda Nahdlatul Ulama (NU), yang mempertanyakan keterlibatan keluarga mendiang korban Vina saat proses pembuatan film. Apalagi film ini secara blak-blakan tak menggunakan nama lain, melainkan nama asli korban. 

Baca Juga: Polisi Ungkap Alasan 3 Pelaku Pembunuhan dan Pemerkosaan Vina Masih Belum Ditangkap!

Baca Juga: Lagi Booming Siksa Kubur dan Badarawuhi, Intip Yuk Beauty 5 Film Horor Indonesia yang Paling Banyak Ditonton

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza