Menu

Bersama dengan Cinta Laura dan Putri Marino, L’Oréal Paris Suarakan Inklusivitas di Cannes Film Festival 2024!

12 Mei 2024 13:40 WIB
Bersama dengan Cinta Laura dan Putri Marino, L’Oréal Paris Suarakan Inklusivitas di Cannes Film Festival 2024!

L'Oréal Paris berpartisipasi dalam Cannes Film Festival 2024 (HerStory/Azka Elfriza)

HerStory, Jakarta —

Sudah dikenal sejak tahun 1997 dan menjadi brand kecantikan nomor satu di dunia, L'Oréal Paris dipercaya untuk kembali menjadi Official Makeup Partner di Festival Film Cannes lho Beauty! 

Tahun ini, masih bersama dua ikon lokal perfilman Indonesia: Cinta Laura dan Putri Marino yang akan menghadiri red carpet Cannes Film Festival 2024 pada tanggal 14-16 Mei 2024. 

Kehadiran L’Oréal Paris di Cannes Film Festival 2024 semakin mengukuhkan komitmen L’Oréal Paris dalam mendukung inklusivitas dan pemberdayaan wanita, termasuk dalam industri perfilman. 

Data mengungkapkan bahwa sineas wanita masih kurang terwakili di industri perfilman global, baik yang bekerja di depan maupun di belakang layar. 

Saat ini tercatat hanya 17%  wanita yang berhasil menjadi sutradara film terkemuka, dan hanya 25% wanita yang berkesempatan berkarya di belakang layar.  

Industri perfilman Indonesia juga menghadapi tantangan serupa terkait kurangnya representasi sineas wanita. 

Kurangnya representasi ini meluas ke berbagai aspek pembuatan film, termasuk penyutradaraan, produksi, dan penulisan skenario. 

Meskipun seiring berjalannya waktu mulai bermunculan sutradara wanita bertalenta yang mendapat pengakuan, namun masih tetap minoritas dibandingkan dengan sutradara laki-laki. 

Oleh karena itu, penting untuk terus menyuarakan dukungan terhadap wanita sebagai respon dari ketakseimbangan representasi di industri film ini, baik secara global maupun di Indonesia.

"Memiliki visi sebagaimana tertuang dalam semangat ‘Because You're Worth It’, L'Oréal Paris ingin menginspirasi setiap perempuan untuk merasakan nilai diri yang sebenarnya dan mendorong mereka untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan feminitas versi mereka sendiri. Inisiatif untuk kembali menghadirkan Cinta Laura dan Putri Marino di Cannes Film Festival 2024 merupakan kelanjutan dari komitmen kuat kami dalam mendukung inklusivitas dan pemberdayaan perempuan, khususnya mereka yang berkarya di dunia perfilman. Kami berharap kehadiran Cinta Laura dan Putri Marino dapat menjadi representasi yang kuat, baik dalam hal kecantikan, keberagaman maupun talenta perempuan Indonesia, di mata dunia,” ujar Rillyana Amanda, Sr Community & Brand Experience Manager L'Oréal Paris. 

Selain Cinta Laura dan Putri Marino, perhelatan Cannes Film Festival 2024 juga akan dihadiri para aktris dan aktor ternama dunia seperti Gong Li, Aishwarya Rai, Jane Fonda, Heidi Klum, Elle Fanning dan masih banyak lagi, yang merupakan individu-individu luar biasa dari latar belakang berbeda yang mencerminkan keragaman L’Oréal Paris dan menegaskan nilai-nilai feminitas yang menjadi inti dari brand L’Oréal Paris.

"Saya merasa sangat terhormat dapat kembali ke Cannes Film Festival bersama dengan L’Oréal Paris. Kesempatan seperti ini sangat penting untuk terus menyuarakan dukungan terhadap bakat perempuan, baik di perfilman maupun industri lainnya. Saya berharap kehadiran kami tahun ini dapat menginspirasi perempuan Indonesia untuk lebih berani dan percaya diri dalam menunjukkan pesona dan keunikan diri, sehingga akan ada lebih banyak perempuan yang berdaya untuk menjalankan peran sebagai sineas, seniman, maupun peran lain yang mereka inginkan,” sambut Cinta Laura, Brand Ambassador & Spokesperson of L'Oréal Paris.

Selain memeriahkan red carpet dengan pesona kecantikan yang beragam dari Brand Ambassador-nya, sejak 2021, L’Oréal Paris juga telah menjalankan program tahunan Lights on Women’s Worth Award sebagai bentuk apresiasi terhadap sutradara film pendek wanita berbakat, salah satunya dengan pemberian bantuan dana untuk berkarya sebesar 20.000 € (sekitar 340 juta Rupiah) dan ekosistem dukungan penuh. 

Melalui langkah ini, L’Oréal Paris berharap dapat turut berkontribusi dalam menyeimbangkan ketaksetaraan gender di industri film. 

Tahun ini, aktris sekaligus Brand Ambassador L’Oréal Paris, Elle Fanning, akan mengambil alih peran Kate Winslet sebagai Juri. 

Elle Fanning akan mengumumkan pemenang 2024 di acara makan malam Cinéma de Demain yang diselenggarakan pada 24 Mei di Cannes. 

Selain itu, untuk menghormati tiga sutradara wanita yang telah mendapatkan Lights on Women’s Worth Award sebelumnya, L’Oréal Paris juga akan mengadakan penayangan film pendek karya mereka di Cinema Olympia di Cannes, pada 23 Mei. 

"Sebagai perempuan yang berkecimpung di industri perfilman, saya sangat mengapresiasi konsistensi L’Oréal Paris dalam mendukung setiap perempuan untuk merasakan betapa berharganya mereka. Dukungan nyata L’Oréal Paris tidak hanya terlihat dalam industri kecantikan, tetapi juga merambah ke industri perfilman dan sektor lainnya. Mereka tidak hanya berbicara tentang kesetaraan gender, tetapi juga bertindak untuk mewujudkannya. Inisiatif ini memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi perempuan di seluruh dunia untuk mengambil peran yang lebih besar dalam masyarakat," tambah Putri Marino, selaku L'Oréal Paris Worth It Squad.

Penampilan Cinta Laura dan Putri Marino di red carpet Cannes Film Festival 2024, dipersiapkan melalui kolaborasi antara L’Oréal Paris dengan talenta terbaik Indonesia di bidang fashion dan beauty, seperti Makeup Artist Selebriti Bubah Alfian dan Aditya Vagueskin, serta desainer terkemuka seperti Monica Ivena dan Stella Rissa.

Baca Juga: Perkuat Hubungan dengan Peneliti Wanita, L’Oréal Indonesia Pertegas Komitmennya Selama 20 Tahun

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan