Menu

4 Kreator TikTok Ini Aktif Majukan Sektor Edukasi di Indonesia, Intip Yuk Sosoknya!

14 Mei 2024 14:35 WIB
4 Kreator TikTok Ini Aktif Majukan Sektor Edukasi di Indonesia, Intip Yuk Sosoknya!

Kreator TikTok yang fokus mengedukasi (istimewa/edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Melalui TikTok, bukan hanya hiburan yang didapat, lho Beauty. Kamu bisa juga dapat pengetahuan dari TikTok karena saat ini banyak sekali content creator yang memberikan edukasi terkait bidang yang dikuasainya.

Mulai dari tips wawancara pekerjaan, kiat praktis menghapal mata pelajaran, menemukan life-hacks baru, hingga mendapatkan ilmu bisnis, pengguna bisa terus mengembangkan keterampilan diri mereka dengan belajar dari konten edukasi unggahan para kreator TikTok.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei, TikTok ingin mengangkat kisah empat kreator edukasi yang terus berbagi semangat #SerunyaBelajar melalui konten inspiratif mereka yang mendorong terciptanya lingkungan belajar yang seru dan bermanfaat. Siapa saja para kreator tersebut? Mari kita simak kisah mereka berikut ini.

1. Marini Bantu Pelajar Indonesia Taklukkan Matematika lewat Cara Hitung Cepat

Marini, atau yang akrab dikenal sebagai "Marini Math Hacks" oleh komunitas TikTok, merupakan seorang kreator edukasi yang aktif membagikan materi pembelajaran dan kiat memecahkan soal matematika di TikTok. Hal ini dilakukan sejalan dengan misinya untuk memberikan layanan tutor yang terjangkau bagi para orang tua, demi meningkatkan kemampuan berhitung para pelajar di Indonesia. Marini yang juga merupakan guru matematika dengan pengalaman mengajar selama 20 tahun ini mengawali kegiatan berbaginya di TikTok ketika ia terpaksa menutup usaha bimbingan belajarnya akibat pandemi. Melalui akun TikTok @MathHacks_5, Marini kerap berbagi cara menghitung cepat kepada lebih dari 370 ribu pengikutnya di TikTok lewat format video pendek dan siaran langsung. 

Konten Marini pun berhasil menarik perhatian komunitas TikTok dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar SMA dan mahasiswa yang mencari kiat belajar matematika dengan lebih efektif, hingga orang tua yang ingin membantu anak mereka menyelesaikan soal matematika. Berkat keberhasilannya di TikTok, Marini dapat membuka kembali bimbingan belajarnya bernama LOGOS, yang kini mempekerjakan sekitar 100 guru untuk sekitar 500 pelajar yang mengikuti kelas online dan offline. Marini bahkan bisa mengajar untuk pelajar Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri lewat kelas online, sehingga semakin memantapkan misi Marini untuk membuat pendidikan bisa diakses bagi semua orang.

2. Kelvin Tham Bagikan Tutorial Excel untuk Bantu Penonton Dapat Pekerjaan

Siapa yang tidak kenal Microsoft Excel? Perangkat lunak perusahaan teknologi raksasa ini telah lama dikenal sebagai perangkat penting untuk keperluan analisis data dari individu maupun instansi. Namun, proses analisis ini membutuhkan literasi numerik yang memadai diiringi dengan kepiawaian pengguna dalam menggunakan perangkat lunak tersebut, seperti yang dialami kreator Kelvin Tham. 

Berawal dari permintaan sang atasan untuk membuat video tutorial tentang cara menggunakan formula untuk pemrosesan data, Kelvin pun menjajal format video singkat untuk berbagi tips praktis seputar pemanfaatan Microsoft Excel. Berkat pengalamannya mengajar semasa kuliah, rumus dan formula yang biasanya rumit bagi banyak orang ini berhasil dikemas oleh Kelvin dengan cara yang mudah dipahami melalui videonya. Akhirnya, pada Januari 2022, Kelvin pun memutuskan untuk berbagi lewat akun pribadinya @kelvintham27, mulai dari trik hitung cepat hingga membahas materi Excel untuk tes masuk kerja. 

Melalui TikTok, Kelvin bertemu dengan banyak anggota komunitas yang tertarik untuk belajar Excel. Pada bulan kedua sejak menggunakan TikTok, Kelvin membuka kelas Excel dasar pertamanya yang berdurasi selama 3 jam dengan total 100 peserta. Sejak profilnya dikenal sebagai pengajar Excel, Kelvin menerima tawaran sebagai pengajar Excel di berbagai perusahaan. Kini, Kelvin telah membantu lebih dari 30 perusahaan, serta lebih dari 35 universitas dan komunitas. 

Sebagai seorang kreator dan profesional, Kelvin ingin terus berbagi ilmu di TikTok karena ia merasakan kepuasan tersendiri ketika konten-kontennya dapat memberi dampak positif pada kehidupan orang lain, di mana beberapa dari penontonnya bahkan berhasil mendapat pekerjaan lewat ilmu yang dibagikan Kelvin. 

Baca Juga: Di Hari Pendidikan Nasional, P&G Indonesia dan Save the Children Beri 3 Tips untuk Menunjang Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: