Menu

3 Kebiasaan yang Harus Moms Lakukan agar Anak Terhindar dari Gizi Buruk, Bukan Cuma Beri Makanan Bergizi

15 Mei 2024 01:30 WIB
3 Kebiasaan  yang Harus Moms Lakukan agar Anak Terhindar dari Gizi Buruk, Bukan Cuma Beri Makanan Bergizi

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, yang punya anak pasti sangat khawatir terhadap asupan makan untuk si kecil karena bisa saja anak mengalami gizi buruk. Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 14 Mei 2024, gizi buruk merupakan kondisi ketika berat badan anak terlalu rendah dibandingkan dengan tinggi badannya.

Untuk penyebabnya sendiri, menurut dr. Riza, hal itu bisa disebabkan karena kekurangan asupan makanan yang bernutrisi sesuai kebutuhan masing-masing kelompok usia anak.

" Kekurangan asupan ini bisa terjadi karena tidak tersedianya bahan makanan yang berkualitas, selain itu gizi buruk juga disebabkan karena adanya gangguan penyerapan nutrisi seperti penyakit kronis berupa diare kronis atau TBC," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Rabu (15/5/2024).

Moms juga harus perhatikan, meski anak makan banyak bisa saja mengalami gizi buruk jika kualitas makanannya tak baik dan tak mengandung nutrisi.

"kualitas makannya bagaimana apakah asupan nutrisinya tercukupi adanya karbohidrat, protein hewani paling penting, serat dan lemak baik, dan apakah si anak ada penyakit tertentu," jelas dr. Riza.

Jadi bisa disimpulkan penyebab gizi buruk bukan hanya kekurangan makanan saja, tapi jika sudah makan cukup tetap gizi buruk, kemungkinan anak kebutuhan nutrisinya tak tercukupi atau ada penyakit yang dideritanya.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah