Menu

Meski Lezat, Jangan Kebanyakan Beauty! Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Pedas, Bukan Cuma Diare Lho

16 Mei 2024 15:15 WIB
Meski Lezat, Jangan Kebanyakan Beauty! Ini Lho Dampak Buruk Terlalu Banyak Makan Pedas, Bukan Cuma Diare Lho

Ilustrasi seorang wanita kepedasan. (Freepik/8photo)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa di sini yang suka makanan pedas? Biasanya rasa pedas dalam makanan itu berasal dari cabai.

Nah, cabai sendiri mengandung capsaicin yang membuatnya terasa pedas.

Memang menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 10 Mei 2024, disebutkan jika capsaicin ini memiliki potensi antioksidan sehingga banyak manfaatnya untuk tubuh.

"Berguna dalam meredakan peradangan, mencegah infeksi, menghambat pertumbuhan kanker, menguatkan daya tahan tubuh, menjaga berat badan ideal, menyehatkan jantung dan pembuluh darah, mengontrol gula dan lemak darah, serta banyak lagi kegunaan lainnya," tutur dr. Nadia dikutip Herstory, Kamis (16/5/2024).

Namun Beauty harus tahu, capsaicin jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan bisa memicu iritasi hingga luka dalam saluran pencernaan. Jika sudah terjadi, akan ada banyak gejala yang Moms rasakanĀ  tergantung tingkat keparahannya.

"Seringnya, keluhan yang terjadi adalah mual, nyeri perut, muntah, sesak, diare, feses atau muntah berdarah, dan sebagainya. Tentu, intensitas keluhan di atas pun bisa berbeda-beda, ada yang ringan hingga berat," tutur dr. Nadia.

Baca Juga: Meski Nikmat, Makan Pedas Berlebihan Ternyata Bisa Bahayakan Nyawa Beauty, Intip 5 Efek Negatifnya pada Tubuh!

Baca Juga: 3 Hal Buruk Ini Bisa Dialami Penderita GERD Kalau Nekat Makan Makanan Pedas, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan