Menu

Maknanya Sedih Banget! Ini Pesan Lagu BTS 'Mikrokosmos', Pertegas Soal Menghargai Diri Sendiri!

17 Mei 2024 19:40 WIB
Maknanya Sedih Banget! Ini Pesan Lagu BTS 'Mikrokosmos', Pertegas Soal Menghargai Diri Sendiri!

BTS Raih 7 Penghargaan di The Fact Music Awards 2022 (Twitter/@bts_bighit)

HerStory, Jakarta —

Eksis dan memiliki banyak penggemar, BTS memiliki alasan mengapa para fans bisa sampai tergila-gila kepada musik mereka.

Salah satu alasan mengapa BTS disukai karena lirik-lirik lagunya memiliki makna yang dalam, termasuk lagu "Mikrokosmos" dari album "Map of the Soul: Persona".

Arti lagu "Mikrokosmos" dari BTS mengacu pada filosofi Yunani Kuno tentang microcosm, di mana manusia dipandang sebagai dunia kecil mereka sendiri atau mikrokosmos. 

Konsep microcosm digunakan untuk mengobservasi hubungan manusia dengan alam semesta, dan awalnya mengacu pada gagasan keteraturan dalam filosofi Yunani kuno.

Lebih jauh lagi, mikrokosmos mempelajari hubungan harmonis antara setiap individu, yang berjalan sejajar dengan narasi BTS tentang penemuan diri dan persona. 

Lagu ini merangkum tema-tema ini dengan cara yang mendalam dan artistik, mencerminkan ide-ide filosofis dalam konteks modern melalui lirik dan melodi yang menginspirasi.

Dalam lagu "Mikrokosmos," BTS menggunakan analogi manusia dengan bintang. Mereka menggambarkan manusia sebagai bintang-bintang yang membentuk mikrokosmos, atau jagat kecil, dalam alam semesta yang luas ini. 

Setiap individu di dunia dianggap sebagai mikrokosmos yang unik dan berharga dalam skala yang lebih besar.

Analogi ini menunjukkan pandangan BTS tentang nilai setiap individu dan keunikan mereka dalam konteks yang lebih besar dari kehidupan dan alam semesta. 

Lagu ini mendorong pendengar untuk merenungkan kebesaran dan kompleksitas manusia sebagai bagian integral dari alam semesta yang luar biasa ini.

Dalam lirik lagu mikrokosmos, BTS menyampaikan pesan penting tentang pentingnya tetap percaya pada diri sendiri dan menghargai nilai diri, terlepas dari kesulitan yang mungkin kita hadapi.

Analogi dengan bintang yang bersinar terang di malam yang gelap menggambarkan bahwa kita memiliki potensi untuk bersinar dan menjadi kuat bahkan di saat-saat paling sulit.

Ketika kita merasa bingung atau putus asa, lagu ini mengajarkan kita untuk tak menghilang atau menyerah, melainkan mengingat bahwa kita memiliki nilai dan keberadaan yang besar.

Setiap tantangan atau kegelapan yang kita hadapi adalah bagian dari perjalanan hidup kita, dan seperti bintang-bintang yang bersinar di malam gelap, kita juga dapat menemukan kekuatan dan kecerahan di tengah-tengah kesulitan.

Dalam konteks lagu "Mikrokosmos," BTS mendorong pendengar untuk menghargai dan merayakan keunikannya masing-masing, serta untuk tetap tegar dan bersinar meskipun dihadapkan pada masa-masa yang sulit dalam hidup. 

Baca Juga: Mendadak Jadi Tren Boyband, Ini Lirik Lagu Attack On Bangtan Milik BTS yang Asyik Banget untuk Joget di TikTok!

Baca Juga: Gak Perlu Ribet, Beauty Bisa Nonton Dokumenter BTS j-hope HOPE ON THE STREET di Prime Video, Intip Yuk Jadwal Tayangnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.