Menu

Jarang Diketahui, Ini Lho Bahaya Meniup Makanan Saat Masih Panas

20 Mei 2024 18:00 WIB
Jarang Diketahui, Ini Lho Bahaya Meniup Makanan Saat Masih Panas

Ilustrasi meniup makanan panas (KSL.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, makan saat masih panas memang terasa sangat nikmat. Tapi hati-hati, hal itu bisa berbahaya untuk kesehatanmu, lho.

Usut punya usut, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 2024, ternyata dalam dunia medis meniup makanan panas sebelum dimakan itu sangat tidak dianjurkan, lho.

Dokter Marlina menyebut jika ada beberapa studi yang meneliti soal jumlah mikroorganisme pada makanan panas yang ditiup dan yang tak ditiup.

"Dimana pada penelitian ditemukan banyak mikroorganisme pada makanan yang ditiup, maka tentu saja kuman yang ada di mulut akan pindah ke makanan," jelas dr. Riza dikutip Herstory, Senin (20/5/2024).

Bukan itu saja Beauty, makanan yang ditiup akan membuat tubuh lebih banyak kemasukan asam karbonat dan karbon monoksida.

Itu karena saat meniup makanan, tubuh akan melepas karbon dioksida dan karbon monoksida yang bisa mengganggu keseimbangan asam atau alkali dalam tubuh sehingga metabolisme bisa tak seimbang.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.