Menu

Gejalanya Gatal Banget! Intip Yuk Cara Mandiri untuk Atasi Iritasi Kulit di Selangkangan, Penting Jaga Kebersihan Badan Moms

21 Mei 2024 18:35 WIB
Gejalanya Gatal Banget! Intip Yuk Cara Mandiri untuk Atasi Iritasi Kulit di Selangkangan, Penting Jaga Kebersihan Badan Moms

Ilustrasi wanita sedang nyeri selangkangan. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu mengalami rasa gatal, perih, bahkan mengelupas di bagian kulit selangkangan?

Usut punya usut, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter. Hal itu bisa terjadi karena kamu mengalami iritasi kulit di bagian selangkangan.

Seringnya penyebabnya tersebut itu terjadi karena gesekan berlebihan, kontak dengan sabun atau bahan pakaian tertentu, dan lain sebagainya.

"Bukan hanya iritasi, keluhan di kulit selangkangan Anda bisa juga dicetuskan oleh berbagai faktor lain, misalnya tinea cruris, dermatitis kontak alergi, eksim atopik, skabies, dermatitis seboroik, psoriasis, xerosis, dan banyak lagi gangguan medis yang lain," tutur dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (21/5/2024).

Tapi gak usah khawatir Beauty, keluhan tersebut bisa ditangani secara mandiri dengan cara berikut ini.

1. Rajin mandi, disarankan 2 hari sekali.

2. Bersihkan area selangkangan menggunakan sabun dengan formula lembut, kemudian bilas hingga bersih sempurna dan keringkan.

3. Jaga kulit selangkangan agar tak kering, yaitu dengan cara menggunakan pelembap, seperti minyak zaitun atau gel aloe vera.

4. Pilih pakaian dalam yang bahannya lembut dan bersih.

5. Jangan gunakan celana ketat.

Baca Juga: Jangan Abai! Ini Biang Kerok Area Selangkangan Gelap dan Gatal, Catat dan Mulai Ubah Yuk Moms!

Baca Juga: Oh Karena Ini Selangkangan pada Moms Hamil Rentan Jadi Hitam, Ternyata oh Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan