Menu

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Asinan Buah? Simak Faktanya Yuk Moms!

21 Mei 2024 19:05 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Asinan Buah? Simak Faktanya Yuk Moms!

Asinan Buah (Instagram/berbagiresepuenak)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu pasti tahu soal asinan, kan? Itu lho makanan menyegarkan yang terbuat dari buah-buahan atau sayur-sayuran mentah yang diawetkan dalam larutan cuka. Untuk asinan buah sendiri, ada beberapa jenis buah yang digunakan, mulai dari mangga, rambutan, nanas, jambu, salak, kedondong, dan sebagainya.

Menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 14 Mei 2024, sebenarnya Moms hamil tak dilarang mutlak dalam konsumsi asinan. Apalagi di dalam buah-buahan terdapat banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu.

"Hanya saja, buah mentah yang dijadikan asinan, jika tidak dibersihkan dengan baik atau dibudidayakan dengan cara yang organik, rentan tercemar oleh berbagai zat berbahaya, contohnya bakteri, parasit, pestisida, formalin, boraks, dan sebagainya yang bisa sangat membahayakan kesehatan Anda maupun janin yang Anda kandung," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (21/5/2024).

Selain itu asinan pun memiliki sifat yang cenderung asam sehingga berisiko meningkatkan kambuhnya asam lambung jika dikonsumsi berlebihan.

"Karenanya, jika pun ingin mengonsumsi asinan, baiknya Anda pastikan bahan yang digunakan benar-benar bersih dan aman dari zat berbahaya. Selain itu, usahakan juga jangan mengonsumsi asinan berlebihan, apalagi jika muncul keluhan seperti mual, muntah, kram perut, diare, dan sebagainya," saran dr. Nadia.

Baca Juga: Konsultan Tulang Belakang Spill Cara Merawat Moms Hamil yang Menderita Skoliosis

Baca Juga: Bisa Bahayakan Moms dan Janin, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.