Menu

Jadi Juara World Barista Championship 2024, Mikael Jasin Bongkar Rahasia Kelezatan Kopi Buatannya: Pakai 20% Arummi Cashew Milk

21 Mei 2024 13:25 WIB
Jadi Juara World Barista Championship 2024, Mikael Jasin Bongkar Rahasia Kelezatan Kopi Buatannya: Pakai 20% Arummi Cashew Milk

Chief Executive Officer (CEO) Arummi Foods, Nacitta Kanyandara bersama Mikael Jasin pemenang World Barista Championship (WBC) 2024 di Busan, Korea Selatan. (Dok. Original HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mikael Jasin, barista ternama di Indonesia berhasil memenangkan World Barista Championship (WBC) 2024 di Busan, Korea Selatan setelah sebelumnya menjadi juara 4 di WBC 2019. Kemenangan ini diraih setelah Ia tampil prima mengalahkan 53 kompetitor dari 50 negara.
Pria yang akrab disapa Miki itu mengaku bangga berhasil memenangkan "piala dunia" bagi barista tersebut. Ia berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
"Banyak sekali perasaan yang saya rasakan saat menjalani kompetisi, apalagi ketika harus melalui dan menghadapi setiap prosesi penjurian dan menunggu untuk dipanggil. Tapi pada akhirnya, semua perasaan dan emosi (saat gagal tahun 2019) tersebut sangat baik untuk saya, membuat saya lebih mengapresiasi setiap proses dan momen pada saat itu. Momen membawa nama Indonesia menang di kancah global”, ujar Mikael Jasin.
Satu hal yang menarik di perhelatan kompetisi berskala global seperti World Barista Championship yaitu terjadi perubahan peraturan mengenai penggunaan susu. Sebelumnya WBC tidak memperbolehkan peserta menggunakan susu non-dairy, lalu pada tahun 2023 World Barista Championship yang dilaksanakan di Athena untuk pertama kalinya mengizinkan peserta menggunakan susu non-dairy seperti plant based milk.
Hal ini, diperkirakan untuk menjawab tren gaya hidup masyarakat global yang semakin sadar akan kesehatan dan mulai beralih dari susu dairy ke susu nabati. Tren ini dapat dilihat dari bagaimana peningkatan konsumsi susu nabati secara global yang terus meningkat dari tahun ke tahun.
Tentu hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh Miki. Pada penampilannya di World Barista Championship 2024, ia menggunakan salah satu produk susu nabati lokal Indonesia, yaitu Arummi Cashew Milk.
Salah satu inovasi yang ditampilkan yaitu campuran 60% susu sapi untuk mendapatkan rasa manis dari laktosa (gula susu), 20% Arummi cashew milk untuk mendapatkan sentuhan rasa gurih dan nutty khas kacang mede serta tekstur yang creamy , dan 20% oat milk yang bercampur dengan cashew milk untuk menyeimbangkan keasaman dari kopi.
Proses pencampuran itu dibuat dengan alat evaporator untuk menghilangkan 20% kadar air agar rasa manis yang didapatkan lebih pekat. Inovasi dengan membuat campuran 3 jenis susu ini diberi nama D.O.A, yaitu dairy, oat, dan Arummi.

Baca Juga: Cocok Jadi Teman Kopi, Ini Resep Scones Kismis Coklat yang Manis dan Gurih, Si Kecil Pasti Doyan Banget Moms!

Baca Juga: Fore Coffee Helat Kampanye #FOREVOLUTION, Bikin Gebrakan New Coffee Culture dengan Gaet Ikon Ciamik! Siapa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan