Menu

3 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut, Bukan Cuma Gigi Berlubang

23 Mei 2024 23:50 WIB
3 Kondisi yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut, Bukan Cuma Gigi Berlubang

Ilustrasi bau mulut. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasa bau mulut? Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, bau mulut dalam istilah medis disebut denganĀ  halitosis, yaitu kondisi saat aroma nafas jadi tak sedap. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk.

Menurut dr. Riza sendiri ada beberapa penyebab terjadinya bau mulut, seperti:

1. infeksi pada mulut, salah satunya gigi berlubang.

2. Mulut kering, hal ini bisa terjadi karena kurang minum atau produksi air liur berkurang sehingga bakteri dan sisa makan lebih menumpuk dan menimbulkan bau mulut.

3. Konsumsi makanan dengan bau yang kuat.

Sementara itu, jika bau mulut yang kamu rasakan karena infeksi mulut, seperti gigi berlubang. Maka hal itu jika kamu hanya melakukan sikat gigi, kumur-kumur, banyak minum tak bisa bantu mengatasi bau mulut.

"Untuk mengatasi bau mulut anda ini harus diatasi gigi berlubang anda dengan cara ditambal atau dicabut sesuai dengan keparahannya anda bisa temui dokter gigi lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan setelah diatasi maka lakukan pencegahan dengan cara menyikat gigi 2 kali sehari, bersihkan sela gigi dengan benang gigi, kumur-kumur dengan mouthwash dan periksa gigi 2 kali setahun atau membersihkan karang gigi," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Kamis (23/5/2024).

Baca Juga: Sarapan Pagi Ternyata Bisa Hempas Bau Mulut, Cusss Kepoin 7 Kegiatan Lain yang Bikin Nafas Kamu Harum!

Baca Juga: Bukan Cuma Sikat Gigi, Ini 11 Langkah yang Harus Beauty Lakukan untuk Jaga Kesehatan Gigi, Harumnya Auto Menyegarkan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah