Menu

Manfaat Obat Kumur Larutan Daun Jambu Biji, Benarkah Efektif Atasi Sariawan?

24 Mei 2024 23:50 WIB
Manfaat Obat Kumur Larutan Daun Jambu Biji, Benarkah Efektif Atasi Sariawan?

Daun buah jambu biji. (Pexels/Any Lane)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tahukah kamu jika daun biji banyak sekali manfaatnya lho sehingga bisa dijadikan obat alami. Usut punya usut nih, daun jambu biji bisa mengobati sariawan kamu secara ampuh.

Penelitian pada tahun 2016 dari Filipina menyebutkan obat kumur dari larutan daun jambu biji efektif meredakan rasa nyeri dan mengurangi ukuran sariawan lebih cepat daripada obat kumur pada umumnya.

Peneliti juga menambahkan, daun jambu biji memiliki senyawa flavonoid yang berperan sebagai antibakteri dan antivirus. Kamu bisa merebus satu genggam daun jambu biji segar dan satu ruas jari kulit batang dengan satu liter air. Saring air rebusan tersebut, lalu gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Selain dari daunnya, kamu juga bisa mengonsumsi buah jambu biji apabila mengalami sariawan, Moms. Ini karena kandungan vitamin C jambu biji yang dua kali lipat lebih banyak dari jeruk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Baca Juga: Resep Ramuan Daun Jambu Biji yang Bisa Jaga Kebersihan Miss V, Dijamin Terbebas Dari Bau, Infeksi Jamur dan Bakteri!

Baca Juga: Kaya Vitamin C, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Anak, Perkuat Imun hingga Cegah Hipertensi pada Si Kecil Lho Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan