Menu

5 Pemenang Lomba Terpilih, Ini Deretan Kampus dengan Solusi Inovatif Ciptakan Lingkungan Berkelanjutkan! Siapa Saja Sih?

24 Mei 2024 18:25 WIB
5 Pemenang Lomba Terpilih, Ini Deretan Kampus dengan Solusi Inovatif Ciptakan Lingkungan Berkelanjutkan! Siapa Saja Sih?

Tim Depok Cult dari Universitas Indonesia atau UI (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu percaya gak sih dengan kalimat bahwa cara terbaik untuk mengatasi masalah adalah dengan memperdalam pengetahuan tentang masalah tersebut?

Nah, dalam perjalanan menuju tahun 2030, SDGs merupakan tindakan penting untuk mencapai masa depan yang lebih baik lho Beauty!

Dengan 64% target SDG yang belum tercapai di Indonesia dan mengalami stagnasi, maka diperlukan tindakan dalam menghadapi masa depan yang tak dapat dihentikan.

Secara global, perguruan tinggi menjadi pusat inovasi dan langkah-langkah kecil dari mereka dapat memiliki dampak besar di seluruh dunia. 

Tak mengherankan bahwa pemimpin dalam bidang keberlanjutan sering ditemukan di institusi pendidikan tinggi. 

Kampus dan universitas memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan. Oleh karena itu, kampus yang ramah lingkungan bukanlah sekadar upaya pencitraan atau green washing, namun merupakan kesempatan bagi perguruan tinggi untuk menunjukkan contoh nyata dalam praktik keberlanjutan, menginspirasi mahasiswa, staf, dan masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam pelestarian lingkungan.

Jakarta Marketing Week 2024 kembali memberikan panggung dengan ide-ide segar dari para mahasiswa untuk memecahkan masalah perusahaan atau institusi dari perspektif kaum muda. MarkPlus WOW Case Competition 2024, menarik para peserta dengan tajuk: "Your Campus: Envisioning Sustainable Campus". 

Lomba ini juga merupakan panggung bagi para peserta untuk mempresentasikan solusi inovatif mereka terhadap tantangan nyata dalam menciptakan lingkungan kampus yang berkelanjutan.

Dengan fokus pada permasalahan aktual yang bertemakan “Your Campus: Envisioning Sustainable Campus”, para peserta dihadapkan pada tantangan untuk merumuskan inisiatif konkret yang dapat meningkatkan reputasi kampus mereka sebagai pusat pembelajaran yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. 

Mereka tak hanya harus menghasilkan solusi yang kreatif, tetapi juga solusi yang dapat diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan.

“Selamat pada para pemenang. Ini merupakan langkah hebat bagi generasi muda yang aware terhadap lingkungan berkelanjutan. Patut sekali kita pahami dampak-dampak perubahan global, dan anak-anak ini adalah bukti dari kepedulian terhadapan lingkungan. Harapannya, merekalah jadi penerus dan contoh untuk seluruh generasi di Indonesia lebih maju,” ujar Hermawan Kartajaya, Founder & Chair of MCorp saat memberikan penghargaan kepada para pemenang.

Dari puluhan peserta yang telah mendaftar, sepuluh tim terpilih untuk lanjut dalam babak kompetisi dengan bentuk presentasi masing-masing tim di hari pertama dan kedua Jakarta Marketing Week 2024. 

Selanjutnya, hari terakhir WOW Case Competition telah terpilih lima tim terbaik dengan urutan pemenang yang diumumkan pada Closing Ceremony The 12th Jakarta Marketing Week di Grand Atrium, Kota Kasablanka (Minggu, 19/05/2024).

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.