Makanan panas adalah hal yang sangat disukai, apalagi menunya sup,soto, ataupun ramen. Makanan panas memang cocok untuk menghangatkan badan dan membuat badan terasa nyaman. Begitu juga dengan minuman, banyak tersedia berbagai jenis minuman yang akan lebih enak jika menikmatinya saat panas. 

Menyantap makanan atau minuman panas memang lebih enak, tetapi karena panas, kamu meniupnya dahulu sebelum dimasukkan ke dalam mulut. Kebiasan meniup makanan panas ini ternyata berbahaya bagi kesehatan. 

Pada saat meniup makanan panas kamu bisa  membuat kuman dan mikroorganisme yang ada di mulut pindah ke makanan. Kuman yang berpindah akan menyebabkan penyakit dan gangguan kesehatan, seperti jantung, asam lambung, dan batu ginjal. 

Dengan meniup makanan, tubuh akan melespaskan karbondioksida dan karbonmonoksida yang akan bereaksi dengan air dan membentuk asam karbonat. Jika mengonsumsi makanan yang telah ditiup maka tubuh akan menerima asam karbonat dan karbon monoksida. Hal ini akan mengganggu keseimbangan asam atau alkali tubuh yang akan membuat metabolisme nggak seimbang. 

Baca Juga: Bukan Hanya Saat Melahirkan, Ini 5 Rasa Sakit Luar Biasa yang Bisa Dialami Wanita

Jika ingin menikmati makanan yang panas usahakan untuk nggak meniupnya, tunggu dulu sampai uap menghilang, dan segera makan sebelum makanan menjadi dingin. Kalau memang ingin menyantapnya saat panas, sendokkan sedikit-sedikit dahulu baru ketika sudah nggak terlalu panas, makan seperti biasa.