Menu

Finansial Gak Bakal Jadi Penghalang, Ini 4 Tips Mudah Kelola Keuangan untuk Pasangan yang Baru Nikah

27 Mei 2024 08:00 WIB
Finansial Gak Bakal Jadi Penghalang, Ini 4 Tips Mudah Kelola Keuangan untuk Pasangan yang Baru Nikah

Ilustrasi mengatur uang. (Istimewa/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, jika kita melihat pemberitaan tentang perceraian, rata-rata masalahnya itu karena ekonomi. Maka dari itu penting sekali sebelum menikah Beauty dan pasangan untuk mendiskusikan keuangan yang kuat demi menghadapi tantangan di era modern saat ini. Dengan adanya keselarasan dan kebersamaan, pengelolaan finansial menjadi lebih terarah untuk masa depan keluarga yang harmonis.

Charles Budiman, Chief Digital Officer Maybank Indonesia menjelaskan pentingnya manajemen keuangan sebagai langkah penting dalam melindungi keluarga. “Seiring dengan siklus kehidupan dan kebutuhan yang terus berubah, strategi keuangan pun ikut disesuaikan. Pasangan baru menikah, sebaiknya sudah mendiskusikan dan menyusun strategi keuangan untuk mencapai tujuan finansial bersama. Apalagi dengan layanan mobile banking seperti sekarang, mengelola keuangan, mulai dari menabung, investasi, hingga memantau pengeluaran, dapat dilakukan hanya dalam genggaman. Lewat manajemen keuangan yang bijaksana, kondisi finansial menjadi lebih stabil dan terjaga untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan kesejahteraan keluarga.”

Lantas bagaimana tips atur keuangan untuk para pasangan? Cussss kepoin seperti informasi yang dikutip Herstory berikut ini:

1. Menggabungkan rekening bank untuk menangani keuangan bersama

Berdasarkan penelitian dari Indiana University, pasangan suami istri yang membuat rekening bersama memiliki kualitas hubungan lebih tinggi, serta lebih baik dalam menangani keuangan rumah tangga karena merasa ‘berada dalam hal ini bersama-sama’. Jika memungkinkan, cobalah menggabungkan rekening bank, sehingga keduanya memiliki akses yang sama terhadap keuangan keluarga. Langkah ini juga cocok bagi pasangan yang ingin mengatur finansial secara sederhana dengan memonitor keuangan dalam satu rekening saja. Sebagai bahan pertimbangan, beberapa pasangan juga membuka dua rekening bersama, yaitu tabungan darurat yang dapat ditarik oleh salah satu pasangan, serta tabungan keluarga untuk kebutuhan jangka panjang yang membutuhkan persetujuan keduanya untuk melakukan penarikan.

2. Membahas dan mencatat anggaran dengan saksama setiap bulannya

Selain memastikan jumlah pemasukan dalam manajemen keuangan rumah tangga, memantau seluruh pengeluaran juga tak kalah penting. Buatlah daftar pendapatan dan biaya yang dikeluarkan secara jelas, sehingga dapat membantu mengidentifikasi kebutuhan yang tidak diperlukan. Setelah menyusun anggaran keuangan bersama-sama, sesuaikan juga gaya hidup untuk menghindari penggunaan dana melebihi budget dan mencegah terjadinya pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Tak hanya itu, sisihkan juga sebagian dari pendapatan setiap bulannya untuk menabung serta mempersiapkan dana darurat bagi keluarga. Yang juga perlu diperhatikan, selalu berpegang pada anggaran yang telah ditetapkan bersama pasangan, mendiskusikan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian di luar rencana, dan meninjau kondisi keuangan secara berkala.

Baca Juga: Kaya Raya Tujuh Turunan! Ini 3 Zodiak Paling Beruntung Secara Finansial dan Sukses Dunia Akhirat! Ada Kamu?

Baca Juga: Dukung Wanita Melek Kesehatan Finansial Selain Fokus Hidup Sehat, Prudential Indonesia Lakukan Ini Lho Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan