Menu

4 Hal yang Harus Kamu Lakukan agar Perut Buncit Jadi Kecil, Penting Atur Pola Makan Beauty!

28 Mei 2024 10:15 WIB
4 Hal yang Harus Kamu Lakukan agar Perut Buncit Jadi Kecil, Penting Atur Pola Makan Beauty!

Perut Buncit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, memiliki perut yang buncit memang sangat mengganggu penampilan karena akan dikira kamu sedang hamil.

Di sisi lain, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 28 Mei 2024, menyebutkan jika perut buncit pun sangat berisiko membuat kesehatanmu terganggu, mulai dari diabetes hingga jantung koroner.

"Perut yang buncit tetap tidak boleh Anda sepelekan. Sebab, kondisi ini kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit, contohnya hipertensi, diabetes, stroke, penyakit jantung koroner, gangguan kesuburan, dan sebagainya. Jadi, kondisi ini sebaiknya ditangani sebelum parah ya," tutur dr. Nadia dikutip Herstory, Selasa (28/5/2024).

Untuk mengatasi perut buncit tersebut, Beauty bisa simak beberapa tips berikut ini yang disampaikan oleh dr. Nadia, simak yuk.

1. Jaga pola makan

Beauty, jika saat ini pola makan kamu masih berantakan, kamu tak perlu melakukan diet yang terlalu ketat. Kamu bisa mulai dengan mengurangi porsi makan secara bertahap. Tapi tetap harus makan 2-3 kali sehari, ya.

Bukan itu saja, dalam setiap piring yang kamu konsumsi, pastikan pilih makanan yang tinggi serat dan antioksidan, mulai dari buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayur mayur. Selanjutnya kamu juga harus kurangi makanan tinggi garam, gula, lemak jahat yang bisa ditemukan di nasi putih, makanan ultra proses, gorengan, jeroan, dan kulit hewan.

Perbanyak minum 8010 gelas setiap harinya, apalagi air putih. Selain itu jangan biasakan langsung tidur setelah makan.

3. Aktif olahraga

Beauty, jika ingin perut buncit kamu perlu olahraga juga. Coba biasakan untuk olahraga 30 menit setiap 2-4 hari sekali. Mulai dengan sit up, push up, angkat dumbbell, squat, bersepeda, lompat tali.

"Pastikan Anda berolahraga dengan cara yang benar agar manfaat yang didapat lebih optimal. Mintalah pendampingan personal trainer jika memungkinkan," saran dr. Nadia.

4. Terapkan gaya hidup sehat

Beauty, kamu harus tidur dengan cukup dan teratur, tinggalkan begadang, ya. Selain itu, kamu sebaiknya jangan stres secara berlebihan.

Baca Juga: Cara Hempas Perut Buncit dan Paha Besar Secara Mudah, Jangan Lupa untuk Olahraga Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah