Menu

Sosok 8 Wanita Pembalik Keadaan, Geluti Dunia Ekonomi dan Bangun The Denver's Women Bank Demi Kesetaraan Gender!

28 Mei 2024 21:55 WIB
Sosok 8 Wanita Pembalik Keadaan, Geluti Dunia Ekonomi dan Bangun The Denver's Women Bank Demi Kesetaraan Gender!

The Denver's Women Bank (Denver Public Library History)

HerStory, Jakarta —

Sudah menjadi rahasia umum bahwa wanita adalah akar dari keuangan. Bahkan dalam rumah tangga pun, para ibu rumah tangga biasanya mengatur keluar masuknya uang dan mengatasi semua masalah keuangan dalam segala bentuk besar-kecilnya.

Salah satu sejarah gerakan feminisme yang memperjuangkan tentang kesetaraan gender di bidang keuangan terlihat pada pendirian The Denver's Women Bank pada 14 Juli 1978 oleh Carol Green.

Tak sendirian, Green mendirikan The Denver's Women Bank bersama dengan tujuh wanita lainnya yakni Judith Wagner, LaRae Orullian, Gail Schoettler, Wendy Davis, Joy Burns, Beverly Martinez, dan Edna Mosley.

Gerakan tersebut berawal saat para wanita Amerika di tahun 1974 tak kesulitan membuka rekening bank dan memperoleh fasilitas kredit jika tak disetujui oleh para pria. Kamu perlu tahu Beauty, kala itu dunia perbankan di dunia dipimpin oleh pria kulit putih sedangkan para wanita biasanya bekerja sebagai resepsionis, sekretaris, dan teller.

Kala itu, LaRae Orullian yang berstatus sebagai mantan presedir di bank juga menjelaskan bahwa para wanita kerap kesulitan saat menghadapi pemberian kredit padahal Equal Credit Opportunity Act sudah disahkan di tahun 1974.

Namun, karena kurangnya informasi yang dimiliki oleh wanita terkait aturan tersebut, para bankir masih meminta para wanita untuk membawa saudara laki-lakinya, seperti ayah, paman, kakak, atau adik untuk menandatangani pinjaman mereka.

Melalui beberapa pertimbangan, akhirnya Carol Green bersama dengan Judith Wagner, LaRae Orullian, Gail Schoettler, Wendy Davis, Joy Burns, Beverly Martinez, dan Edna Mosley sepakat untuk bisa berperan aktif dan menciptakan sebuah bank untuk semua orang tanpa harus mengkotak-kotakan siapapun.

Akhirnya, Green bersama dengan tujuh orang lainnya mendirikan dewan bank dengan masing-masing memberikan $1.000 dan terbentuklah The Denver's Women Bank. Saat pembukaan pertamanya, orang-orang di kota Denver mengantri untuk menyetorkan uang mereka bahkan hingga ke jalanan pusat kota lho!

Alhasil, di hari pertama pembukaannya The Denver's Women Bank berhasil mendapatkan setoran perhari sebanyak lebih dari $1.000.000! Usut punya usut, The Denver's Women Bank ini jadi bank nasional kedua yang melayani wanita di Amerika Serikat setelah mendapatkan piagam nasional dari Pengawas Keuangan Mata Uang pada bulan Juli 1977.

Perjuangan yang dilakukan Carol Green, Judith Wagner, LaRae Orullian, Gail Schoettler, Wendy Davis, Joy Burns, Beverly Martinez, dan Edna Mosley dalam mendapatkan piagam nasional itu tak mudah, tapi hal itu bisa dilalui dengan baik. Apalagi ada bantuan dari seorang bankir wanita bernama  Mary Gindhart Herbert Roebling yang turut memperjuangkan piagam nasional dengan cara berkomunikasi pada Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC).

Baca Juga: Berhasil Menjadi Penyintas Usai 23 Tahun Jadi Korban NPD, Kartika Soeminar: Wanita Berhak untuk Bahagia!

Baca Juga: Perkuat Hubungan dengan Peneliti Wanita, L’Oréal Indonesia Pertegas Komitmennya Selama 20 Tahun

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.