Menu

3 Tips Mengatasi Tumit dan Telapak Kaki yang Pecah-pecah, Beauty Sudah Tahu Belum?

29 Mei 2024 15:40 WIB
3 Tips Mengatasi Tumit dan Telapak Kaki yang Pecah-pecah, Beauty Sudah Tahu Belum?

Ilustrasi tumit pecah-pecah akibat cuaca ekstrem (Freepik/Alodokter)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki permasalahan tumit dan telapak kaki yang pecah-pecah, kering, keras, hingga mudah luka? Rupanya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 28 Mei 2024, rupanya hal itu bisa terjadi karena adanya gesekan dan tekanan di sekitar tumit dan telapak kaki.

"Kondisi ini bisa diperparah oleh berbagai faktor lain, seperti dehidrasi, kekurangan nutrisi, perawatan kulit yang tidak tepat, hingga masalah kulit lainnya, seperti eksim, dermatitis kontak, tinea pedis, neurodermatitis, xerosis, callus, dan sebagainya," tutur dr. Nadia dikutip Herstory, Rabu (29/5/2024).

Meski begitu, Beauty gak usah khawatir karena kondisi tersebut tak berbahaya, Kamu bisa perbaiki kondisi tersebut dengan cara berikut ini:

1. Rendam kaki dengan sabun yang lembut selama sekitar 20 menit agar kulitnya lebih lembut.

2. Gunakan krim kaki yang mengandung dimethicone atau petroleum jelly agar lebih lembap. Lakukan setiap malam hari sebelum tidur.

3. Tak sembarangan mengelupasi atau mengobati kondisi kulit kaki yang pecah-pecah. Jika hal itu tak kunjung sembuh, sebaiknya pergi ke dokter.

Baca Juga: 7 Langkah 'Lari' dari Kaki Pecah-pecah dan Bau, Auto Mulus dan Cantik Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.