Menu

Penyebab Libido Wanita Jadi Tinggi Setelah Menstruasi, Beauty Sudah Tahu Belum Alasannya?

30 Mei 2024 03:30 WIB
Penyebab Libido Wanita Jadi Tinggi Setelah Menstruasi, Beauty Sudah Tahu Belum Alasannya?

Illustrasi Wanita Miliki Libido Tinggi (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty tahukah kamu, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 3 Mei 2024, ternyata libido pada wanita itu diregulasi oleh 3 jenis hormon, mulai dari progesteron, estrogen, dan testosteron.

Usut punya usut, libido bisa meningkat saat kadar estrogen dan testosteron tinggi. Sementara libido akan turun jika kadar progesteron tinggi.

"Ketika awal menstruasi, kadar hormon estrogen dan progesteron menurun drastis. Hal ini seringnya akan membuat libido menurun. Namun, seiring waktu, saat menstruasi hari ke-3 dan seterusnya, libido bisa kembali meningkat," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Kamis (29/5/2024).

Di sisi lain, ternyata bukan hanya menstruasi yang bisa mempengaruhi libido pada perempuan. Ternyata hal itu pun bisa dipengaruhi banyak hal, mulai dari faktor genetik, aktivitas seksual yang biasa dilakukan, stimulasi seksual yang didapatkan, diet dan gaya hidup yang dijalani, juga status kesehatannya secara umum.

"Sebab itulah, ada saja wanita yang libidonya justru meningkat saat sedang menstruasi. Hal ini sejatinya tidak spesifik merujuk pada gejala penyakit tertentu, sehingga sebaiknya tidak juga Anda khawatir berlebihan ya," tutur dr. Nadia.

Jika Beauty merasa terganggu dengan libido kamu, bisa coba alihkan dengan kegiatan produktif, seperti olahraga, kerja, melampiaskan hobi,  dan sebagainya.

Baca Juga: Selain Harus Hindari Seks Bebas, Simak Cara Mengatasi Libido Tinggi yang Ganggu Aktivitas, Pasti Ampuh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan