Menu

Tiati Beauty, Cuaca Panas Bisa Bikin Jerawat Makin Meradang, Intip Yuk Cara Menanganinya

30 Mei 2024 08:00 WIB
Tiati Beauty, Cuaca Panas Bisa Bikin Jerawat Makin Meradang, Intip Yuk Cara Menanganinya

Wajah berjerawat. (Freepik/sri_sakorn42)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu memiliki permasalahan jerawat? Jika iya, berhati-hatilah saat cuaca panas karena bisa semakin meradang.

Oh iya Beauty, bicara soal jerawat, ternyata menurut dr. Sarah Rizqia di laman Alodokter, jerawat bisa disebabkan karena adanya sumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran pada wajah.

"Sumbatan tersebut bisa diinfeksi oleh bakteri P.acne sehingga dapat menambah peradangan pada jerawat," tutur dr. Rizqia dikutip Kamis (30/5/2024).

Selain itu, ternyata cuaca panas bisa makin memicu timbulnya jerawat atau justru bikin jerawat tambah meradang.

"Wajah yang panas dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya jerawat yang meradang, suhu udara panas, terbakar matahari, atau keadaan lain seperti demam, alergi, dan ketidakseimbangan hormon tiroid," tutur dr. Rizqia.

Di sisi lain, ada beberapa faktor yang bisa bikin jerawat makin tambah banyak dan parah, cusss simak berikut ini.

1. Kebersihan wajah tak terjaga karena kamu malas cuci muka, sering terkena debu, berkeringat karena hawa panas, hingga menggunakan kosmetik tapi malas membersihkannya.

2. Efek samping kosmetik atau obat-obatan tertentu, seperti antiepilepsi, obat gangguan jiwa, steroid, vitamin b2 b6 b12.

3. Stres psikologis

4. Merokok

5. Gesekan terus menerus pada wajah, misalnya pada orang yang suka pakai ikat kepala, maka jidatnya akan lebih mudah berjerawat.

6. perubahan hormon.

Baca Juga: Dijamin Gak Tantrum, Intip Yuk Tips Bikin Anak Tetap Nyaman Saat Beraktivitas di Musim Panas

Baca Juga: Dijamin Gak Tantrum, Intip Yuk Tips Bikin Anak Tetap Nyaman Saat Beraktivitas di Musim Panas

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.