Menu

Perdalam Ilmu Bisnis, 410 Usaha Kreatif Ikuti Bootcamp AKI 2024! Sandiaga Uno: AKI Siap Jadi Wadah Pelaku Ekraf Perluas Pasar!

01 Juni 2024 15:58 WIB
Perdalam Ilmu Bisnis, 410 Usaha Kreatif Ikuti Bootcamp AKI 2024! Sandiaga Uno: AKI Siap Jadi Wadah Pelaku Ekraf Perluas Pasar!

Bootcamp AKI 2024 (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, program kegiatan untuk penambahan ilmu dasar bisnis yang sesuai dengan bidangnya oleh para mentor profesional kini sudah berlangsung di 12 kota.

Bahkan, tercatat ada 410 pelaku usaha kreatif sudah mendapatkan materi selama 3 hari Bootcamp di masing-masing kota lho Beauty! Diantaranya (Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke)

Disamping materi dan ilmu bisnis dari para mentor, ternyata banyak manfaat yang dirasakan para peserta salama mengikuti Bootcamp. 

Diantaranya yang paling banyak dirasakan adalah networking dengan sesama peserta dan mentor. 

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, AKI adalah program tahunan Kemenparekraf yang bertujuan sebagai wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring, dan database. 

"AKI siap menjadi wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database , ajang publikasi dan promosi, serta memperluas pasar," katanya.

Winda Oktriana, peserta dari Pekanbaru dan owner dari MINDA (ekstrak minyak bumbu dapur) ini mengaku mendapat masukan berharga dari mentor Akbar Moujahid terkait fokus kepada branding agar lebih mengena di segmen ibu rumah tangga. 

Ia juga mengaku mendapat banyak inspirasi dan motivasi dari mentor Agus Pramono (Mas Mono) untuk lebih aktif mengikuti pameran agar lebih dikenal oleh calon konsumen dan calon mitra di daerah lain.

Dari sesama peserta Bootcamp di Toba, Winda mendapat beberapa kontak peserta yang membantunya untuk memasarkan produknya di Kota Medan. 

“Sejak saya membangun MINDA 4 tahun lalu, alhamdulillah saat ini produk kami sudah tersedia di 50 titik swalayan di Padang dan 100an swalayan di Pekanbaru. Dan di tahun ini saya memang ada rencana untuk masuk pasar Medan dan Batam. Kemarin sudah ada kontak dengan peserta yang bisa membatu memasarkan di sekitar Medan, semoga saja lancar”, ungkap Winda.

Masih dari peserta Bootcamp Toba, ada Nola Indriyani asal Deliserdang dan owner NOLA SHOES, produsen sepatu custom handmade. 

Nola yang sudah sering mengikuti program pembinaan dari Kementerian lain, namun baru pertama ini mengikuti event pembinaan dari Kemenparekraf mengaku ada target tersendiri ketika masuk Bootcamp AKI 2024, yakni agar bisa mengikuti pameran dan menambah relasi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Hadir Kunjungi Pameran AKI Denpasar untuk Dukung Produk UMKM, Simak Yuk Beauty!

Baca Juga: Pantas ATMnya Gendut! Ini 3 Zodiak yang Pintar Jualan, Bisnisnya Selalu Untung dan Laris Manis! Ada Kamu Salah Satunya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza