Menu

Tips Menggunakan Clay Mask agar Bisa Hempas Semua Masalah di Kulit, Beauty Sudah Tahu Belum?

03 Juni 2024 22:00 WIB
Tips Menggunakan Clay Mask agar Bisa Hempas Semua Masalah di Kulit, Beauty Sudah Tahu Belum?

Masker wajah jenis Clay Mask (Womantalk.com/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa di sini yang memiliki masalah kulit, seperti kusam, komedo, pori-porinya besar, hingga banyak bekas jerawat?

Usut punya usut, menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 31 Mei 2024, permasalahan-permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, hingga kebiasaan kulit yang tak terjaga. Di sisi lain, masalah kulit pun bisa terjadi karena adanya fluktuasi hormonal, perawatan kulit yang yang tak tepat sesuai kulit kamu, paparan polusi, paparan sinar matahari, paparan iritan lain. Di samping itu, masalah kulit pun bisa terjadi karena diet yang tak seimbang, stres, keturunan, dan sebagainya.

Sementara itu, banyak orang memilih menggunakan clay mask untuk hempas permasalahan kulit di wajah.

Fyi nih Beauty, clay mask sendiri merupakan masker yang bahannya dari tanah liat sehingga banyak nutrisi di dalamnya, mulai dari kalsium, magnesium, zat besi, silika, natrium, tembaga, kalium, dan sebagainya.

"Masker ini, jika digunakan secara tepat, bisa membantu mengontrol kadar minyak di kulit, mengecilkan pori-pori, menyamarkan bekas jerawat, menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, membuat kulit lebih cerah, mencegah dan mempercepat penyembuhan jerawat, serta banyak lagi kegunaan lainnya," jelas dr. Nadia dikutip Herstory, Senin (3/6/2024).

Namun sayang, meski begitu banyak manfaatnya, Beauty harus berhati-hati saat menggunakan clay mask karena tak semua orang cocok. Bahkan pada beberapa kasus, clay mask ini bisa picu radang di kulit akibat alergi atau iritasi, apalagi jika digunakan terlalu sering hingga 2 kali seminggu.

Maka dari itu, sebelum menggunakannya lebih baik konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, Beauty. Selain itu, kamu juga bisa tangani masalah kulit kamu dengan cara berikut ini.

1. Rajin cuci wajah dengan sabun berformula ringan.

2. Tak memegang kulit wajah dengan tangan kotor, apalagi sampai mengelupas jerawat, dan memencet komedo.

3. Jangan lupa gunakan pelembap dan tabir surya dengan kandungan SPF lebih dari 30  sebelum beraktivitas.

4. Hindari gunakan makeup tebal.

Baca Juga: Pertama di Indonesia! Ovale Luncurkan Masker Wajah Berubah Warna, Bikin Me Time Makin Seru dan Asyik!

Baca Juga: 3 Rekomendasi Masker Wajah Alami untuk Mengatasi Masalah Kulit, Mulai dari Jerawat hingga Kerutan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah