Menu

Skincarean Justru Bikin Kulit Kering Beauty? Oh Ternyata Ini Lho Alasannya...

05 Juni 2024 23:55 WIB
Skincarean Justru Bikin Kulit Kering Beauty? Oh Ternyata Ini Lho Alasannya...

Ilustrasi sedang mengaplikasikan skincare. (Freepik/drobotdean)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pernah merasa setelah skincare-an kulit kamu justru terasa kering, tertarik, kaku, bahkan mengelupas?

Rupanya menurut dr. Nadia Nurotul Fuadah di laman Alodokter pada 4 Juni 2024, hal itu bisa saja disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari purging, kandungan dalam skincarenya merupakan bahan iritatif, alergi terhadap bahan skincare, atau karena adanya masalah kesehatan, seperti eksim, psoriasis, iktiosis vulgaris, hingga xerosis.

"Kondisi seperti ini sepatutnya diperiksakan langsung ke dokter agar dievaluasi kemungkinan penyebabnya. Bawa serta produk skincare yang habis Anda gunakan, agar dokter bisa menilai kemungkinan keterkaitannya dan juga menentukan tatalaksana terbaiknya," saran dr. Nadia.

Tapi tenang saja Beauty, kamu bisa lakukan penanganan pertama dengan melakukan hal berikut ini.

1. Hanya gunakan produk skincare dengan kandungan tak iritatif, misalnya bebas alkohol, parfum, dan merkuri, hingga hipoalergenik. Selain itu, kamu lebih baik pilih skincare yang diformulasikan khusus untuk kulit kering.

2. Jangan berlebihan dalam menggosok kulit. Kamu juga tak disarankan untuk mengelupasi kulit.

3. Cuci wajah setiap pagi dan malam, lalu keringkan dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Di pagi hari kamu harus menggunakan sunscreen dan pelembap. Sementara di malam hari hanya gunakan pelembap.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Kulit Kering pada Moms Hamil, Jangan Asal Pakai Pelembap!

Baca Juga: Tips Atasi Kulit Kering Iritasi Secara Instan, Benarkah Harus Pakai Serum yang Tepat?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan