Menu

Pentingnya Tes TORCH untuk Ibu Hamil, Kepoin Yuk Beauty Manfaatnya!

06 Juni 2024 21:45 WIB
Pentingnya Tes TORCH untuk Ibu Hamil, Kepoin Yuk Beauty Manfaatnya!

Ilustrasi gizi ibu hamil terpenuhi dapat mencegah stunting (Sumber/Alodokter)

HerStory, Jakarta —

Moms, untuk kamu yang sedang hamil tahu terkait tes Torch? Usut punya usut, menurut dr. Amadeo Drian Basfiansa di laman Alodokter, menjelaskan jika Tes Torch merupakan singkatan dari beberapa penyakit.

"Yakni Toksoplasmosis, Other diseases(sifilis, HIV), Rubella (campak Jerman), Cytomegalovirus (CMV), danHerpes. Penyakit-penyakit ini dikelompokkan dan biasanya diperiksa bersamaan karena penyakit ini sama-sama memiliki potensi untuk memberikan komplikasi pada ibu hamil maupun janin yang dikandungnya," tutur dr. Amadeo dikutip Herstory, Kamis (6/6/2-24).

Cusss keping masing-masing manfaat tes Torch untuk Ibu hamil.

1. Toxoplasmosis

Moms apakah kamu tahu jika  toksoplasmosis merupakan sebuah infeksi yang disebabkan oleh parasit  Toksoplasmosis gondii. Biasanya kotoran ini ada di kotoran kucing yang terinfeksi dari makanan mentah.

Jika infeksi ini terjadi pada ibu hamil, maka parasitnya bisa menular ke janin hingga si janin bisa terlahir cacat atau mengalami kelainan pada mata atau otak.

2. Other infection

Moms, nah jenis other infection ini terdiri dari beberapa penyakit,mulai ri sifilis, cacar air, HIV/AIDS, virus zika, dan fifth disease.

Jika Moms hamil mengalami hal ini, maka bisa menularkannya pada janin hingga janin  bisa lahir dengan masalah kesehatan, seperti kebutaan, pembengkakan di perut, tuli, pneumonia, bahkan keguguran.

3. Rubella

Dikenal sebagai campak Jerman, Moms harus berhati-hati karena jika ditularkan pada janin, makan si kecil bisa lahir dengan kelainan jantung, infeksi paru, kelainan darah, keterlambatan pertumbuhan, gangguan penglihatan, hingga tuli.

Bahkan, seiring bayi bertambah usia,  infeksi rubella bisa sebabkan gangguan tiroid, kelainan sistem imun, dan gangguan saraf pusat.

Baca Juga: Konsultan Tulang Belakang Spill Cara Merawat Moms Hamil yang Menderita Skoliosis

Baca Juga: Bisa Bahayakan Moms dan Janin, 5 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan