Menu

Simpel Tapi Berguna, Ini Cara Cegah Bayi Digigit Nyamuk, Beauty Sudah Tahu Belum?

07 Juni 2024 23:00 WIB
Simpel Tapi Berguna, Ini Cara Cegah Bayi Digigit Nyamuk, Beauty Sudah Tahu Belum?

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, meski gigitan nyamuk biasanya tak memberikan dampak serius, tapi kamu harus hati-hati karena kadang gigitan nyamuk bisa menginfeksi dan menyebabkan reaksi alergi hingga penyakit serius. Misalnya, demam berdarah adalah penyakit virus yang menyebar melalui gigitan nyamuk.

Bayi menjadi salah satu sasaran dari gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk dapat mengiritasi kulit dan terkadang menyebabkan komplikasi. Cara terbaik untuk menghindari komplikasi ini adalah dengan mencegah gigitan nyamuk. Melindungi bayi dari nyamuk cukup mudah. Berikut beberapa cara untuk mencegah gigitan nyamuk pada bayi dilansir dari MomJunction (7/6/2024).

1. Gunakan Pakaian Panjang

Untuk menghindari gigitan nyamuk, gunakan pakaian lengan dan celana yang panjang. Tutupi tangan bayi dengan sarung tangan untuk mencegah gigitan nyamuk di tangan.

2. Gunakan Kelambu

Menciptakan penghalang fisik terhadap nyamuk adalah pilihan pertama untuk mencegah gigitan nyamuk pada bayi. Para ahli merekomendasikan tidur di bawah kelambu jika kamu tinggal di daerah yang dipenuhi nyamuk.

Kamu bisa menggunakan kelambu untuk tempat tidur bayi. Gunakan kelambu saat bayi tidur siang dan tidur malam. Kelambu efektif dan pilihan yang lebih aman untuk bayi yang baru lahir.

3. Hindari Pakaian Gelap

Dandani bayi dengan pakaian berwarna cerah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar nyamuk tertarik pada warna-warna gelap seperti hitam, merah, dan biru. Nuansa cahaya hijau, kuning dan putih kurang menarik nyamuk.

4. Gunakan losion anti nyamuk

Gunakan losion yang aman untuk bayi dengan bahan aktif DEET, yang aman untuk bayi di atas usia dua bulan. Gunakan losion dengan konsentrasi DEET maksimal 50%. Hindari menggunakan pengusir nyamuk berbahan dasar vaporizer karena dapat mempengaruhi pernapasan bayi.

Baca Juga: 5 Cara Alami Hilangkan Bekas Gigitan Nyamuk, Redakan Gatal dan Kemerahan Juga Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah