Orang tua selalu memiliki harapan yang besar dan terbaik bagi anak mereka. Tetapi terkadang harapan dan keinginan yang terlalu tinggi ini justru membuat mereka terlalu mengatur dan mengekang perilaku anak mereka. Dilansir dariberbagai sumber (12/03/2021), tindakan ini ternyata dapat berakibat sangat buruk terhadap perkembangan perilaku anak.

Sebuah penelitian dari University of Vermont menemukan bahwa aturan yang terlalu ketat bagi seorang anak dapat menyebabkan mereka menjadi tertekan dan memiliki perilaku kejam terhadap teman ketika telah dewasa.

Penelitian tersebut melengkapi penelitian sebelumnya yang mengungkapkan bahaya dari sifat yang terlalu mengekang dari orang tua pada kesehatan dan hubungan anak dan orang tua.

Dalam penelitian tersebut, terdapat 180 partisipan yang semuanya merupakan mahasiswa dan berjenis kelamin wanita. Peneliti melakukan wawancara dan meminta partisipan menceritakan hal tidak menyenangkan yang mengakibatkan orang lain di sekitar mereka.

Bersamaan dengan wawancara tersebut, diukur juga tingkat keringat mereka untuk mengetahui seberapa berpengaruh peristiwa itu terhadap diri mereka.

Partisipan yang menunjukkan keringat lebih banyak ketika menyikapi sebuah hal, cenderung lebih memiliki temperamen tinggi dan melakukan tindakan emosional.

Baca Juga: Ramadan Tinggal Menghitung Hari, Ini Hal-hal yang Harus Moms Perhatikan saat Anak Pertama Kali Puasa