Menu

Dinamika E-commerce Memanas di 2024, Shopee Live Masih Jadi Pilihan Utama Fitur Jualan Bagi Brand Lokal & UMKM

10 Juni 2024 14:20 WIB
Dinamika E-commerce Memanas di 2024, Shopee Live  Masih Jadi Pilihan Utama Fitur Jualan Bagi Brand Lokal & UMKM

Ilustrasi belanja online (Seb_ra/Edited By HerStory))

HerStory, Jakarta —

Beauty, hingga saat ini belanja melalui live streaming masih jadi daya tarik, bahkan semakin diminati oleh masyarakat. Kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain ecommerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM. 

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. 

Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan. 

Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain adalah: 

- Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%). 

- Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%)  

- Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%.  

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, “Akhir tahun 2023 lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru. Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya.” 

Tren live streaming yang terus menunjukan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri. 

Sebagai salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, IPSOS melihat fenomena ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Melihat situasi di lapangan saat ini, IPSOS akan mengulik lebih dalam bagaimana tren live streaming di tahun 2024 ini, dengan adanya kompleksitas isu serta perubahan regulasi yang sedang hangat dibicarakan. 

Lantas, dari para pemain yang ada saat ini, siapa e-commerce yang fitur live streaming nya menjadi pilihan favorit penjual dalam memberikan omzet terbaik dan meningkatkan interaksi dengan calon konsumen?  

Aspek Penting Yang Melatarbelakangi Pilihan Live Streaming Para Penjual 

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM berdasarkan survei IPSOS di akhir tahun 2023 lalu. Lantas, aspek-aspek apa sajakah yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce, adapun persebaran preferensinya sebagai berikut; 

- Fitur live streaming dengan layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli 

Live streaming menjadi tren dalam belanja yang kian populer dalam industri ecommerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. 

Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Fitur dan layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekedar kegiatan jual-beli dan menghadirkan kedekatan antara penjual dengan konsumen. 

Menurut data survey IPSOS diakhir 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67%, jauh memimpin dibandingkan dengan TikTok Live (25%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%). 

Hal ini sejalan dengan hasil temuan survei IPSOS, dimana Shopee Live (63%) dianggap oleh brand lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti oleh TikTok Live (25%), Lazada Live (7%), dan Tokopedia Play (6%).  

- Fitur live streaming yang membantu meningkatkan omzet brand lokal dan  UMKM 

Keunggulan fitur live streaming dalam memberikan pengalaman belanja yang berbeda untuk konsumen, hal ini juga membawa pengaruh terhadap omzet brand lokal dan UMKM. Dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Jauh melampaui para pesaingnya seperti TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%). 

Tak hanya memberikan dampak terhadap omzet, Shopee Live juga dipilih oleh para seller sebagai fitur live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67%) bagi bisnis mereka, lalu diikuti oleh TikTok Live (26%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (3%).  

- Fitur live streaming yang memberikan kontribusi dalam pertumbuhan bisnis 

Survei IPSOS akhir tahun 2023, para brand lokal dan UMKM di Indonesia yang menggunakan fitur live streaming e-commerce, mengungkapkan bahwa Shopee Live dengan 64% mendominasi posisi sebagai fitur live streaming yang paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh. Angka ini jauh mengungguli e-commerce lainnya seperti TikTok Live (27%), disusul Lazada (6%) dan Tokopedia Play (3%).  

Adapula aspek keunggulan lainnya pada Shopee Live, yaitu dalam memberikan edukasi kepada penjual. Sebanyak 65% brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu para penjual. Hal ini menunjukkan adanya komitmen pada platform tersebut dalam membekali para penjual yang bergabung dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal dalam penjualan live streaming.  Selain itu, adopsi program serupa di e-commerce lainnya masih tertinggal cukup jauh, dengan TikTok Live (28%), Lazada Live (5%), dan Tokopedia Play (3%). 

Baca Juga: 26 Juta Produk Lokal Diekspor ke Berbagai Negara, Shopee Bantu Dongkrak Bisnis UMKM ke Potensi Maksimal!

Baca Juga: Shopee Jadi Mitra Resmi Pertama Asean Club Championship, Diumumkan Langsung oleh Federasi Sepak Bola Asean!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan