Menu

Moana Hingga Air Rumi Akbar Alami Speech Delay, Dokter Spill Cara Mengatasinya, Simak Yuk Moms!

11 Juni 2024 08:19 WIB
Moana Hingga Air Rumi Akbar Alami Speech Delay, Dokter Spill Cara Mengatasinya, Simak Yuk Moms!

Ilustrasi anak mengalami speech delay (Getty Images/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ria Ricis sempat menyebutkan jika Moana alami speech delay, di sisi lain, Irish Bella pun menyebutkan jika anak pertamanya, Air Rumi Akbar yang lahir di masa pandemi mengalami telat bicara.

Baik Ria Ricis dan Irish Bella keduanya aktif mengajak si kecil untuk terapi dan mentoring.

"kalau (mau) perkembangan bagus, harus orangtuanya yang sering belajar, sering update, konsultasi juga," tutur Irish Bella dikutip dari konten sindikasi Suara.com.

Lantas bagaimana sih mengatasi speech delay?

Rupanya dr. Lies Dewi N,Sp.A(K)Neuropediatri Konsultan Tumbuh Kembang Anak sempat menyebutkan jika ada faktor yang bikin anak speech delay, mulai dari mulut, otak, dan telinga.

Untuk mencegah anak mengalami speech delay, Moms bisa lakukan beberapa cara untuk mendukung pertumbuhan anak sehingga terhindar dari risiko speech delay.

Penasaran apa saja? Ini dia 5 cara agar anak tak alami speech delay menurut dr. Lies Dewi N, Sp.A(K) Neuropediatri Konsultan Tumbuh Kembang Anak:

1. Ajak anak bicara

Melakukan komunikasi dua arah akan membantu perkembangan bicara dan ekspresi anak bisa berkembang dengan baik. Sehingga dapat mencegah terjadinya speech delay.

Sering mengajak ngobrol anak juga akan meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk menjadi lebih aktif dalam berbicara.

2. Membatasi penggunaan gadget

Terlalu sering menggunakan gadget seperti TV, smartphone, dan komputer dapat meningkatkan risiko anak terkena speech delay.

Hal ini karena interaksi dengan gadget merupakan interaksi satu arah sehingga dapat menghambat kemampuan berbahasa dan ekspresif anak untuk berkembang dengan baik.

Baca Juga: Moms dan Dads Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Si Kecil Mengalami Speech Delay, Kenali Yuk!

Baca Juga: 6 Tanda Si Kecil Mengalami Speech Delay, Cek Yuk Moms, Jangan Sampai Diatasi Terlambat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan