Menu

Gak Perlu 'Lem Biru'! Begini 4 Cara Mudah Atasi Setrika yang Gak Panas, Hemat dan Praktis Banget Moms!

12 Juni 2024 20:55 WIB
Gak Perlu 'Lem Biru'! Begini 4 Cara Mudah Atasi Setrika yang Gak Panas, Hemat dan Praktis Banget Moms!

Ilustrasi seorang wanita dengan setrika uap dan setumpuk pakaian. (Freepik/wayhomestudio)

HerStory, Jakarta —

Bagi ibu rumah tangga, setrika adlah salah satu alat elektronik yang wajib dimiliki banyak orang.

Pasalnya, karena setrikaan bisa memudahkan para ibu untuk merapikan dan menghaluskan pakaian yang kusut. Tentu saja hal itu bisa membantu penampilan agar lebih bersih dan terawat dong?

Namun sayangnya, setrika listrik yang praktis dan mudah dipakai biasanya memiliki masalah dan susah panas.

Biasanya, hal ini karena setrika yang sudah lama dan sering dipakai akan mengalami kerusakan. Nah, salah satu masalah yang sering terjadi adalah panas yang dihasilkan setrika tidak maksimal. 

Hal ini sangat mempengaruhi hasil setrikaan, baju menjadi kurang rapih dan halus. Untuk mengatasasi masalah ini, beberapa tips dan trik berikut bisa diikuti untuk mengatasi setrika yang kurang panas. Simak baik-baik, ya Moms!

1. Periksa kondisi colokan listrik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa terlebih dahulu colokan listrik yang digunakan. Pastikan bahwa setrika telah tersambung ke colokan dengan benar. Jaga jarak aman agar tangan kamu tidak terkena sengatan listrik.

Jika setrika tidak kunjung panas, coba tes kembali colokan listrik dengan cara menyambungkan alat elektronik lainnya. 

Jika alat elektronik tersebut tidak menyala berarti masalah ada di colokan listrik. Segera ganti colokan yang rusak dengan colokan yang baru agar bisa digunakan kembali.

2. Atur tombol pengatur suhu setrika

Penyebab paling umum setrika tidak bisa panas adalah pengaturan suhu yang digunakan kurang tepat. Biasanya orang hanya mengatur suhu secara sembarangan, hal ini dapat menjadi penyebab suhu setrika tidak maksimal. Atur suhu setrika sesuai dengan kebutuhan saat menyetrika pakaian.

Jika setelah diatur dengan benar dan setrika sudah panas, mungkin saja masalah hanya terdapat pada tombol pengatur suhu setrika. Usahakan untuk lebih teliti saat mengatur suhu setrika.

Baca Juga: 3 Resep Masakan Harian di Bawah Rp20 Ribu, Dijamin Hemat dan Sedap Banget Moms! Mau Coba yang Mana Dulu Nih?

Baca Juga: Makin Hemat! Ini 4 Cara Mudah Simpan Bawang Merah Agar Tak Busuk dan Bertunas, Cuss Langsung Catat Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan