Menu

Tips Membeli Sunscreen untuk Anak, Moms Harus Tahu Nih Perbedaan SPF dan PA!

14 Juni 2024 10:55 WIB
Tips Membeli Sunscreen untuk Anak, Moms Harus Tahu Nih Perbedaan SPF dan PA!

ilustrasi sunscreen dari MS Glow Kids (istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukah kamu jika sunscreen bukan hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tapi juga sangat dibutuhkan oleh anak-anak lho Moms agar kulitnya bisa terlindungi dari sengatan matahari. Apalagi, kulit anak lebih rentan dibanding orang dewasa. 

Poin utama yang perlu Moms perhatikan saat memilih sunscreen anak adalah SPF dan PA. Sebab, SPF dan PA dalam sunscreen sangat penting untuk menjauhkan Si Kecil dari kerusakan sel atau DNA kulit.

Tapi, sebenarnya apa, sih, arti dari SPF dan PA? Bagaimana keduanya bekerja untuk melindungi kulit Si Kecil dari sinar UV? Yuk Moms, simak pembahasannya di sini. Pada bagian akhir, Moms juga dapat melihat panduan untuk membeli sunscreen yang tepat dan aman bagi Si Kecil. 

Perbedaan antara SPF dan PA

SPF (Sun Protection Factor) adalah ukuran yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UVB penyebab sunburn (kulit terbakar) dan risiko kerusakan jangka panjang seperti kanker kulit. Sementara, PA memiliki kepanjangan Protection Grade of UVA, yaitu sistem penilaian untuk mengukur tingkat proteksi suatu produk sunscreen terhadap sinar UVA yang merupakan faktor utama penyebab penuaan dini (photoaging) dan penggelapan kulit (tanning).

Nomor yang tertera dalam SPF bertujuan memberi tahu seberapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang sampai kulitnya terasa terbakar. Contoh, jika Si Kecil menggunakan sunscreen dengan SPF 30, maka kulitnya akan terlindungi 30 kali lebih lama dibandingkan ketika ia tidak memakai sunscreen. 

Umumnya, terdapat 3 tingkatan SPF, yaitu SPF 15 untuk menghalangi sekitar 93% sinar UVB, kemudian SPF 30 untuk menyaring sekitar 97% paparan UVB, dan terakhir SPF 50 yang bisa memblokir 98haya sinar UVB. Meski begitu, sebetulnya ada juga sunscreen yang SPF-nya di atas 50, tetapi efektivitas perlindungan tambahannya tidak signifikan, karena prinsipnya sunscreen tidak memberi proteksi hingga 100%.

Kemudian untuk PA sendiri, sistem pemeringkatannya diadopsi dari metode Persistent Pigment Darkening (PPD) di Jepang, Moms. Sederhananya, pada metode PPD, peneliti akan mengamati dan menilai seberapa banyak sunscreen dapat mengurangi penggelapan kulit, yang kemudian nilainya dikategorikan melalui tanda +. Semakin tinggi nilai PPD, semakin baik sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UVA. 

Secara umum, berikut tingkatan perlindungan UVA:

  • Perlindungan UVA ringan = PA+
  • Perlindungan UVA sedang = PA++
  • Perlindungan UVA tinggi = PA+++
  • Perlindungan UVA Sangat Tinggi = PA++++

Sebagai catatan Moms, berapapun tingkatan SPF dan PA-nya, sunscreen harus selalu di-reapply setiap 2 - 3 jam sekali, dan harus lebih sering dioleskan ulang jika Si Kecil sedang bermain air atau berkeringat.

Baca Juga: 7 Aturan yang Harus Beauty Terapkan saat Pilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Harus Hindari Bahan....

Baca Juga: Gak Suka Sunscreen dengan Efek Whitecast? Beauty Coba Kepoin Nih Physical Sunscreen dari Amaterasun

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah

Artikel Pilihan