Menu

Bibir Kering dan Pecah-pecah karena Penggunaan Lipstik? Ini yang Harus Beauty Lakukan

19 Juni 2024 22:20 WIB
Bibir Kering dan Pecah-pecah karena Penggunaan Lipstik? Ini yang Harus Beauty Lakukan

ilustrasi bibir kering (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu sering merasa bibir terasa kering dan pecah-pecah setelah menggunakan lipstik? Ternyata oh ternyata, menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter pada 19 Juni 2024, kulit bibir itu lebih rentan kering dan mengalami pecah-pecah dibandingkan dengan kulit di bagian tubuh lainnya.

"Hal ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya," tutur dr. Riza dikutip Herstory, Rabu (19//2/2024).

Selain karena alergi terhadap produk bibir, seperti lipstik, ternyata bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan beberapa faktor, mulai dari dehidrasi atau kekurangan cairan, suhu dingin atau udara kering, tak menggunakan pelembap kering, kekurangan vitamin dan mineral, dan lainnya.

Tapi tenang saja, karena dr. Riza Marlina pun memberikan beberapa tips berikut ini untuk melembapkan bibir dan membuatnya tampak merona.

1. Konsumsi air putih 8 gelas dalam sehari.

2. Gunakan pelembap bibir yang tak mengandung pewarna dan parfum saat bibir terasa kering.

3. Gunakan pelembap bibir yang ada spf saat siang hari.

4. Dalam sementara waktu hindari penggunaan lipstik, tapi jika memang harus tetap menggunakan lipstik, pastikan gunakan lipstik yang tak mengandung perasa, mentol, asam salisilat, dan parfum.

Baca Juga: Ternyata Pelembab Gak Cukup! Ini Tips Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah dengan Mudah, Mau Coba Buktikan?

Baca Juga: 3 Kebiasaan 'Remeh' Ini Bisa Bikin Bibir Kamu Sehat dan Merah Merona, Kepoin Yuk Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan