Menu

Terkenal Jadi Bumbu Seblak, Ternyata Kencur Punya Manfaat untuk Wajah, Apa Itu?

21 Juni 2024 03:30 WIB
Terkenal Jadi Bumbu Seblak, Ternyata Kencur Punya Manfaat untuk Wajah, Apa Itu?

Kencur. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, untuk kamu pecinta seblak pasti tak asing dengan rempah satu ini, yap kencur atau Kaempferia galanga l yang jadi bumbu utama pembuatan makanan kecintaan wanita.

Nah, ternyata rempah yang kerap jadi obat tradisional ini memiliki banyak sekali komposisi kimia yang baik untuk tubuh, mulai dari mineral (13,73%), pati (4,14%), dan minyak atsiri (0,02%), yang di dalamnya terdapat ineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam cinnamic, ethyl ester, borneol, kamphene, asam anisic, paraeumarin, alkaloid, dan gom.

Tak heran jika kencur ini kerap dijadikan obat berbagai penyakit, seperti asma dan rematik. Di sisi lain, ternyata kencur pun bisa digunakan untuk perawatan wajah, Beauty.

Caranya cukup mudah, salah satunya ditumbuk halus dengan air hangat, lalu dijadikan pembersih alami untuk angkat sel kulit mati dan kecilkan pori-pori. Selain itu, kencur bisa dijadikan masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga: Bagus untuk Jaga Kesehatan Anak, Ini Manfaat Kencur Selain Bisa Tambah Nafsu Makan! Moms Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Gak Cuma Jadi Bumbu Masak, Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Intip Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah