Menu

Anak GTM Moms? Gak Usah Pusing, Cusss Terapkan Kebiasaan Ini

22 Juni 2024 19:30 WIB
Anak GTM Moms? Gak Usah Pusing, Cusss Terapkan Kebiasaan Ini

Ilustrasi ibu sedang beri makan MPASI untuk anak (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, siapa di sini yang anaknya sedang GTM (gerakan tutup mulut)? Menurut dr. Riza Marlina di laman Alodokter, banyak hal yang bisa menyebabkan anak GTM, mulai dari belum merasa lapar, tekstur makanan tak sesuai dengan usia anak, pernah mengalami trauma pada jenis makanan tertentu, sakit tenggorokan atau sariawan, hingga si kecil sedang tumbuh gigi.

"Saat si kecil melakukan gerakan tutup mulut, ia bisa saja kekurangan nutrisi yang diperlukan oleh tubuhnya hal ini tentu dapat menghambat proses tumbuh kembangnya dan membuat ia kurang berenergi serta berat badan bisa menurun, jadi tidak bisa dibiarkan berlarut-larut jika sudah mengalami penurunan berat badan Moms," tutur dr. Riza dikutip Herstory pada Sabtu (22/6/2024).

Meski begitu Moms gak usah khawatir karena GTM si kecil bisa diatasi dengan cara berikut ini.

1. Menerapkan Feeding Rules

Moms, cobalah untuk menerapkan aturan makan atau feeding rules secara konsisten. Caranya kamu harus mengatur waktu pemberian makanan utama dan cemilan, biasanya 3 kali makan utama dan 2 kali camilan. Setelah itu, setiap anak makan batasi 30 menit saja, jadi mau habis atau tidak harus dihabiskan.

"Jangan menawarkan si kecil makanan apapun baik itu cemilan atau susu, biar si anak mengerti rasa laparnya,"  saran dr. Riza.

2. Ikut makan dengan keluarga

Moms, lebih baik jika anak makan disamakan dengan jadwal makan keluarga, jadi Moms dan si kecil bisa makan bersama.

Baca Juga: 9 Jenis Makanan yang Bisa Diolah Enak Meski Gak Pakai MSG, Tetap Lezat Tanpa Micin, Moms Harus Tahu Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan