Menu

Tiati Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak, Moms Harus Tahu 3 Bahaya Lain Makanan Manis untuk Anak

22 Juni 2024 20:05 WIB
Tiati Bisa Menurunkan Kecerdasan Anak, Moms Harus Tahu 3 Bahaya Lain Makanan Manis untuk Anak

Potret anak perempuan yang sedang makan es krim. (Unsplash/Patricia Prudente)

HerStory, Jakarta —

Moms, makanan manis memang selalu disukai si kecil, mulai dari permen, es krim, hingga cokelat. Meski bikin anak bahagia, tapi Moms harus berhati hati saat memberikan makanan manis pada anak karena banyak sekali bahayanya.

Fyi nih Moms, anak usia 2-18 tahun hanya boleh konsumsi 25 gram gula atau 6 sendok teh gula setiap per harinya. Sementara itu, anak usia di bawah 2 tahun tak dianjurkan gula sama sekali.

Sebelum anak kecanduan gula, Moms lebih baik menghindari gula karena banyak bahayanya, seperti berikut ini.

1. Menurunkan kecerdasan otak

Mengutip Alodokter, ternyata ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika anak yang lebih banyak konsumsi gula memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah dibandingkan denga yang tak konsumsi gula.

Itu karena konsumsi gula berlebihan bisa menurunkan kemampuan anak untuk memahami informasi yang diucapkan, bukan itu saja anak pun akan kesulitan menyampaikan informasi melalui kata-kata yang baik, sulit memecahkan masalah, dan sulit mengkoordinasikan penglihatan dalam aktivitas fisiknya.

2. Kerusakan gigi

Moms, paling sering anak yang suka makan manis mengalami kerusakan gigi. Itu karena sisa gula yang menumpuk di celah gigi bisa bercampur dengan bakteri di mulut. Jika tak dibersihkan dengan baik, maka bisa bikin anak sakit gigi, salah satunya gigi berlubang. Moms harus segera obati kerusakan gigi anak karena bisa jadi permanen.

Baca Juga: Jangan Sampai Hal Manis Bikin Kamu Nangis! Yuk Kurangi Makanan Manis agar Terhindar dari Diabetes, Ini Bahayanya...

Baca Juga: Mengancam Kesehatan Paru-Paru Anak, Hindari Si Kecil dari 4 Makanan yang Dapat Sebabkan Gangguan Pernapasan Ini Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan