Menu

Sandiaga Uno Hadir Kunjungi Pameran AKI Denpasar untuk Dukung Produk UMKM, Simak Yuk Beauty!

23 Juni 2024 15:45 WIB
Sandiaga Uno Hadir Kunjungi Pameran AKI Denpasar untuk Dukung Produk UMKM, Simak Yuk Beauty!

Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Pameran Apresiasi Karya Indonesia (AKI) resmi berlangsung di Mall Level 21 Denpasar, Bali, pada 15-17 Juni 2024 lho Beuaty!

Pameran dari Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah sampai di Kota Denpasar dan menghadirkan 39 jenama peserta Pameran AKI Denpasar, yang terdiri dari bidang Kriya, Fesyen, Kuliner, Games, Musik dan Film.

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno hadir langsung mengunjungi Pameran AKI Denpasar, dengan mengajak dua Duta Besar RI, yakni Sukmo Harsono (Dubes RI untuk Panama, Republik Honduras, Republik Kosta Rika, dan Republik Nikaragua) dan Iwan Bogananta (Dubes RI untuk Bulgaria, Albania, & Makedonia Utara).

Sandiaga mengajak dua Dubes untuk memberikan masukan kepada pelaku UMKM mengenai produk-produk yang dapat dipasarkan di Eropa dan Amerika. Menurut Sandiaga, terdapat tiga hal utama yang dapat diambil dari produk-produk UMKM di AKI:

  1. Inovasi produk UMKM yang tak kalah dengan produk luar negeri.
  2. Adaptasi pelaku UMKM terhadap produk ramah lingkungan.
  3. Kolaborasi yang meningkatkan kualitas dan daya saing produk.

"Saya ingin memastikan bahwa AKI 2024 akan menghasilkan UMKM yang siap untuk global. Dan semoga modal untuk UMKM bisa difasilitasi," ujar Sandiaga. 

Ia menjelaskan bahwa target utama AKI adalah menaikkan kelas produk UMKM ke tingkat global, terlebih dengan banyaknya wisatawan asing yang datang.

Sandiaga optimis dengan target belanja Rp 1 juta per pengunjung, total transaksi bisa mencapai Rp 5-10 miliar. 

"Semua produk berkualitas dan siap untuk pasar global, semoga bisa mengangkat usaha dan membuka peluang kerja," tambahnya.  

Sandiaga berkomitmen untuk terus bergerak agar semua UMKM tak tertinggal. 

Pada tahun 2024, sekitar 7000 UMKM mendaftar di AKI dan 400 UMKM terpilih untuk berpartisipasi, menjadikan total peserta selama empat tahun sebanyak 1.600 UMKM.

Banyak benefit yang dirasakan para jenama peserta Pameran AKI 2024 Denpasar. 

Salah satu peserta Pameran AKI 2024 Denpasar, Novita Wesley owner dari jenama NAMASTE 21 produsen ethno eco bag dari Bali. 

Ia mengatakan jika dia memiliki 3 target di pameran, yakni promosi, edukasi dan membangun jaringan. 

“Saya ingin membangun citra merek NAMASTE 21 Handmade sebagai brand yang ramah lingkungan, peduli terhadap budaya lokal, dan mendukung komunitas. Karena itu kita tidak cuma berjualan namun juga ada upaya mendidik pengunjung tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi limbah tekstil. Dan juga memperkuat hubungan dengan pelanggan lama dan menjalin hubungan baru dengan pelanggan potensial," jelasnya. 

Novita menambahkan dari sisi transaksi, dalam 3 hari pameran ia menerima kenaikan 80% dibandingkan penjualan di hari lain.

Hal senada juga dirasakan Rosita, owner dari Batik Shibori. Batik Shibori adalah produsen ramah lingkungan produk kain, selendang / shawl,  pakaian yang dibuat dengan teknik shibori (tehnik merintangi kain polos dengan cara mengikat, mengompres, menjelujur dan mencelup sehingga menghasilkan motif tertentu). 

Baca Juga: Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 di Blitar dan Palu Jadi Momentum untuk Tingkatkan Inovasi Lewat Pameran, Simak Yuk Beauty!

Baca Juga: Dorong Pelaku Ekraf Optimalkan Pasar Digital, Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Digelar di 4 Kota! Ada Kotamu Salah Satunya Gak?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan