Menu

Pecinta lari Wajib Kumpul! Justisia Half Marathon 2024 Hadi Jadi Simbol Perayaan 100 Tahun Pendidikan Hukum di Indonesia, Cuss Ikutan!

23 Juni 2024 17:45 WIB
Pecinta lari Wajib Kumpul! Justisia Half Marathon 2024 Hadi Jadi Simbol Perayaan 100 Tahun Pendidikan Hukum di Indonesia, Cuss Ikutan!

Justisia Half Marathon 2024 (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Beauty, jika kamu pecinta olahraga lari, jangan sampai lewatkan Justisia Half Marathon 2024 yuk!

Ajang kompetisi lari ini akan diadakan untuk pertama kalinya pada 17 November 2024 mendatang di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. 

Digagas oleh Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) dan 20FIT Group selaku sport event management, acara ini merupakan bagian dari rangkaian acara perayaan 100 tahun pendidikan hukum di Indonesia lho Beuaty!

Dengan mengusung semangat kebersamaan dan sportivitas dalam olahraga, Justisia Half Marathon 2024 mengajak masyarakat ikut mengambil langkah dalam menerapkan gaya hidup sehat, serta berperan dalam mendukung hak asasi manusia.

“Dengan semakin tingginya kesadaran akan pentingnya kesehatan, lari yang populer di Indonesia menjadi lebih dari sekedar cabang olahraga. Lari kini  juga menjadi simbol untuk ambil sebuah tindakan nyata dalam mencapai personal best. Acara Justisia Half Marathon 2024 diharapkan tidak hanya jadi sebuah ajang untuk mendorong budaya hidup bugar, tetapi juga kesempatan untuk mengajak masyarakat membuka cakrawala guna memahami dan berpartisipasi dalam mendukung hak asasi manusia,” ujar Rapin Mudiardjo, Ketua ILUNI Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada Rapin Mudiardjo, Ketua ILUNI Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Justisia Half Marathon 2024 menyediakan tiga kategori lari yang ikut dilombakan untuk peserta dari berbagai kalangan dan usia di atas 18 tahun, yaitu 5K, 10K, dan 21K Half Marathon. 

Berlokasi di kawasan GBK dengan ruang terbuka yang hijau, Justisia Half Marathon 2024 menawarkan pengalaman lari dengan keindahan pemandangan alam berpadu gedung pencakar langit khas Jakarta sebagai background-nya. 

Rute Justisia Half Marathon 2024 sendiri akan melintasi jalan-jalan utama Kota Jakarta, dimana rute lomba akan terpecah berdasarkan kategori yang dilombakan. 

Peserta 5K, 10K, dan 21K juga akan melintasi beberapa gedung instansi terkait penegakan hukum di Indonesia.

Keunikan dari ajang kompetisi lari ini terletak pada rangkaian kegiatan Road to Justisia Half Marathon 2024 yang akan digelar selama empat bulan mulai dari Juli hingga November 2024 sebagai langkah persiapan fisik bagi peserta menjelang race day pada bulan November nanti. 

Program latihan tersedia untuk pelari baru ataupun pelari yang sudah terbiasa mengikuti lomba lari. 

Salah satu kegiatan Road to Justisia Half Marathon 2024 adalah rangkaian latihan Justisia Half Marathon strength training plan yang secara khusus difasilitasi oleh 20FIT Group melalui 20FIT Gym guna menciptakan pengalaman berlari yang semakin optimal, aman, nyaman, dan dapat menyelesaikan lomba sesuai dengan target waktu peserta.

Selain itu, ILUNI FHUI juga akan memberikan edukasi kepada para peserta dengan berbagi pengetahuan hukum di Indonesia yang dikemas secara digital, interaktif, dan ringan di sepanjang periode Road to Justisia Half Marathon 2024. 

Hal ini juga merupakan salah satu bentuk upaya ILUNI FHUI untuk mendorong masyarakat Indonesia, khususnya para penggemar lari, untuk bergabung dalam sebuah komunitas suportif untuk mencapai personal best, sekaligus mengenal lebih jauh hak dan kewajibannya sebagai warga negara yang taat hukum.

“Persiapan kompetisi lari harus diisi dengan berbagai tipe latihan yang secara rutin dijalankan. Tidak hanya latihan lari untuk mengatur pernapasan, tetapi juga melengkapi rangkaian latihan seperti fisik, pernapasan, dan strength conditioning untuk mempertahankan stamina tubuh selama berlari. Sama seperti cabang olahraga lainnya, lari tidak hanya mengandalkan kemampuan fisik namun juga mental, sehingga pastikan untuk selalu beristirahat dengan cukup dan memantau asupan gizi,” jelas Marina Dewi Salim, World Major Marathon Runner.

Baca Juga: Lari Sekaligus Berdonasi Emang Bisa? Run To Care dari SOS Children’s Villages Indonesia yang Ajak Pelari Berbagi Kebaikan dengan Anak-anak

Baca Juga: Punya Misi Move Your Mind, ASICS Dukung Atlet Lari Robi Syianturi di Gold Coast Australia 2024

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza