Menu

Kapan Sih Sebaiknya Dilakukan? Dokter Ungkap Kriteria Penderita Jantung yang Perlu Pasang Ring, Cuss Langsun Cek Moms!

24 Juni 2024 21:45 WIB
Kapan Sih Sebaiknya Dilakukan? Dokter Ungkap Kriteria Penderita Jantung yang Perlu Pasang Ring, Cuss Langsun Cek Moms!

dr. Yahya Berkahanto Juwana, Sp. J. P, Subsp. K. I. (K), Ph.D, FIHA di acara Rumah Sakit Pondok Indah (HerStory/Azka Elfriza)

HerStory, Jakarta —

Pemasangan ring pada jantung atau biasa disebut dengan stent merupakan sebuah prosedur yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang telah menyempit ataupun tersumbat pada bagian jantung.

Biasanya, proses pemasangan ring ini dikhususkan untuk para penderita jantung koroner yang memiliki banyak lemak yang menumpuk atau kalsium yang mengendap pada jantung.

Pada 19 Juni 2023, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah lulusan Universitas Indonesia (UI) dr. Yahya Berkahanto Juwana, Sp. J. P, Subsp. K. I. (K), Ph.D, FIHA mengatakan bahwa ada kriteria tertentu yang bisa menilai penderita penyakit jantung koroner yang memerlukan pemasangan ring (stent) jantung.

"Tidak setiap penyakit jantung koroner perlu pemasangan stent. Pada penderita yang stabil mungkin hanya diberi obat-obatan," kata Yahya dalam diskusi media di Jakarta.

Menurutnya, hal ini bisa mengganggu alirah darah normal bahkan meningkatkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, atau gangguan sirkulasi lainnya lho Beauty!

Itulah mengapa, pemasangan stent atau ring jantung menjadi solusi yang sangat efektif untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

Tapi tenang saja Beauty, pemasangan ring ini hanya dilakukan jika pengobatan tak membantu. Itulah mengapa, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup secara beriringan.

Baca Juga: Alamak! Ternyata Wanita yang Pernah Oral Seks Bisa Ketahuan oleh Dokter Lho! Kok Bisa Sih?!

Baca Juga: Gak Cuma Cegah Penyakit Jantung, Ini 3 Manfaat Konsumsi Udang Coklat untuk Kesehatan Tubuh, Moms Sudah Tahu Belum?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan